Category Archives: Games

Download Software Mengenal Warna Untuk Anak

Alhamdulillah, rampung juga membuat software mengenal warna ini.Ini adalah software yang berusaha memperkenalkan anak-anak usia 2 dan diatasnya untuk mengenal warna, mengerti warna dan pada akhirnya bisa mengidentifikasi warna-warna dari benda-benda di sekitar mereka.

Cara kerja software ini sangat mudah, anak-anak tinggak mengklik bagian lingkaran yang ada warnanya, kemudian akan ada nama warna yang kemudian disertai sampel benda-benda yang identik dengan warna tersebut. Sengaja nama-nama benda tidak disebutkan, karena dalam konteks ini tidak terlalu penting anak mengetahui atau mengidentifikasi benda apakah yang mereka hadapi, tetapi yang jelas bahwa warnanya adalah warna yang sama dengan yang disebutkan di narasi awal. Ada suara-suara yang lucu agar anak-anak betah dan tidak terasa sepi suasananya.

Pada bagian awal saya tambahkan potongan lagi Mbah Surip. Hehe…susah cari lagu bagus untuk anak sekarang ini.

Interfacenya adalah sebagai berikut:

Dan bagian dalamnya, ketika kita mengklik salah satu warna, misalkan saja hijau, maka secara-berturut-turut akan keluar gambar. Dan pada akhirnya akan muncul interface sebagai berikut:

Jujur, Ternyata nggak mudah karena melalui berbagai pertimbangan dan percobaan. Mulai dari faktor teknis sampai dengan psikologis anak. Tadinya latarnya putih. tetapi karena warna putih monitor cenderung radiasinya tinggi lalu saya rubah menjadi hitam ataupun warna teduh lainnya. Kemudian paling lama adalah mengedit gambar dari bitmap ke gambar yang begronnya transparan.

Nah, semoga bisa membuat anak anda senang dan sejenak melupakan mereka dari televisi yang penuh tontonan tak bermutu, ataupun membuat mereka beralit perhatian ke game-game kapitalistik ataupun game-game bajakan.

Selalu dan selalu saya harapkan dari anda adalah dukungan, kritik dan saran untuk saya beserta keberlangsungan pembuatan software ini. Para pembaca blog, doakan saya yaa….Jujur, software-software saya ini diciptakan untuk memenuhi rasa syukur atas karuniaNya, hutang saya atas jerih payah para pendahulu kita, tanggungjawab atas generasi bangsa kita, dan juga atas tuntutan Allah agar ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat bagi agama, bangsa, negara, keluarga dan semua umat manusia, sekecil apapun karya tersebut. Bagi saya, senyuman anak anda adalah nikmat terindah, lebih dari semua ucapan terima kasih untuk saya.

Tentang dari mana saya mendapat rejeki (rupiah) dari semua kerja saya ini. Jangan khawatir, Allah Maha Kaya dan Maha Pemurah, dan maha menghitung tanpa keliru sedikitpun atas perbuatan hambanya. Pasti Dia kasih. Tetapi jika Anda terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung penciptaan software-software pendidikan gratis ini, silahkan dikirim ke rekening yang terlampir dalam software-software saya.

Maaf atas segala salah. Semoga Allah memberikan jalan terindah untuk kita semua.

Tambahan Link Download:

Silahkan Download di sini (via googledrive)

Silahkan download di sini via dropbox

 

Advertisements

Download Software Mengenal Angka

Untuk anak-anak, belajar tentang bilangan ataupun angka akan sangat susah dikarenakan mereka harus menterjemahkan bahasa simbol ke dalam bahasa logika. Maka, beberapa psikolog menyarankan bahwa anak-anak harus belajar tentang jumlah dulu, baru kemudian simbol angkanya. Hanya saja, untuk memulai pengenalan simbol tidak ada salahnya bagi anak-anak untuk memahami: mengapa ada simbol 5 untuk menunjukkan adanya, misalkan, lima jeruk, lima kucing dll. Nah, diharapkan dengan software ini anak-anak sedikit banyak tahu makna dari masing-masing simbol angka.

Yah, di sela-sela kesibukan ngantor kalo tidak disempatkan beramal, berbagi ilmu ataupun bershodaqah bisa membuat kita menjadi egois dan malah menutup pintu rizki. Maka saya usahakan dan saya persembahkan software sederhana ini untuk anda sebagai orang tua dari anak-anak generasi bangsa, investasi hari tua kita ataupun investasi amal yang tidak akan putus.

Interfacenya seperti ini:

Ketika salah satu angka di atas di-klik, misalkan saja angka 5, maka dia akan menunjukkan halaman yang berisikan lima bola, lima jeruk, lima permen, lima bebek dan lima kucing. lihat di bawah ini:

ataupun ini:

Demikian pula dengan angka-angka yang lain.

Ada suara robot yang akan memandu anda ataupun anak anda. Bilangannya memang hanya dari satu sampai sepuluh, karena memang untuk anak-anak balita ataupun preschool.

SIlahkan download di sini (google drive) atau di sini (dropbox)

Demikian dulu, tetap jayalah Indonesiaku, semoga kita bisa berlomba-lomba memperjuangkan idealisme untuk mencerdaskan bangsa tanpa perlu berebutan ataupun koalisi-koalisian yang membuat rakyat yang sudah sengsara ini makin sengsara. Berbuatlah yang terbaik meskipun itu kecil, percayalah bahwa Tuhan tidak pernah buta. Terima kasih.

 

Download Software Mengenal Suara Alat Transportasi untuk Anak

Ketika kemarin saya ke Pacitan, ternyata anak-anak di Srau Pacitan sana demikian menikmati software mengenal binatang yang saya bikin tempo hari. Bayangkan, mereka yang belum pernah kenal komputer bisa belajar dengan mudah menggerakkan touchpad laptop dan menikmati software ini. Trenyuh juga. Dan menjadikan spirit saya untuk terus membuat karya-karya bagi anak Indonesia. Meskipun sebuah karya sederhana, ternyata mampu menghibur dan menambah pengetahuan mereka. Andai saja ada donasi buat mereka untuk bisa dapet komputer bekas…

Berikut ini adalah modifikasi dari software kemarin, tetapi yang ini isinya suara-suara alat transportasi. Simple sih, tetapi jangan mikir sebagai orang tua, pikirlah betapa anak yang baru kenal komputer dan imajinasinya lagi melayang ke sana kemari bisa membayangkan, kendaraan apa yang dia dengar itu.

SIlahkan didownload di sini (googledrive) atau di sini (dropbox)

 

Download Software Mengenal Suara Binatang

Berikut ini adalah software buatan saya sendiri yang tujuannya untuk memberikan oleh-oleh buat anak saya yang lagi berkembang nalarnya. Isinya sederhana, gambar binatang beserta suaranya. Tetapi dari sini anak bisa belajar menggerakkan mouse, mengenal binatang dan menyayangi lingkungan. Yah..baru beberapa hari kita memperingati hari bumi, apa salahnya..hehe…

Ingat yaa…hanya untuk anak-anak usia 2 sampai 10 tahun.

Silahkan download aja dan gunakan semau-maunya demi generasi kita, generasi Indonesia.Gratis, cukup doakan saya jika anda berkenan, agar bisa tetap berkarya bagi agama, bangsa dan negara…dan supaya tidak tertarik menjadi politisi busuk..hahaha…

silahkan download di sini (googledrive) ataupun di sini (dropbox) 

Belajar Huruf Hijaiyah untuk anak-anak

Ini saya temukan di indowebster. Sebuah media flash untuk belajar huruf hijaiyah bagi anak-anak. Baru sampai tiga tanda baca dasar seperti fatah, kasroh dan dhommah. lumayan, ada doa sehari-hari dan latihan soal. Sayangnya soundnya masih kasar.

Pembuatnya menamai software ini Perangkat Lunak Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Taman Kanak-kanak.

Berikut tampilannya:

halaman awal

halaman awal

pilihan menu

materi pengenalan huruf
materi pengenalan huruf

materi pengenalan huruf
Untuk download silahkan klik di sini (hanya untuk Indonesia)

Telur Columbus

Pas aku masih kecil dulu, 8-9 tahun, pernah dihadiahi sebuah buku saku kecil oleh Bapak. Sebenarnya sebuah buku agenda. Tetapi di sela-sela halamannya ada sebuah cerita-cerita penuh hikmah yang saya rasakan masuk bener ke hati. Salah satunya berjudul Telur Columbus. Saya ceritakan dengan bahasa saya ya..:

Kisahnya, sehabis menemukan benua Amerika, Columbus yang semula hanya pelaut biasa sontak tersohor di seluruh penjuru Inggris. Orang biasa itu kemudian diundang sama Raja Inggris dan diberi gelar kebangsawanan. Dengan gelarnya itu maka dia dapet previllage, hak-hak istimewa di lingkungan kerajaan. Tentu saja, ada orang biasa ketiban pulung, nggak usah nunggu lama banyak dari kalangan bangsawan ngiri.

Suatu malam, diadakanlah jamuan makan di meja kerajaan. Sebuah meja besar dengan kursi-kursi ditata sedemikian rupa, lilin menyala di tengah dan musik eazy listening dimainkan, meja yang sarat aneka hidangan yang disajikan koki-koki istimewa kerajaan mulai dari hidangan pokok: daging sapi, ayam, telur, ikan laut dan semua bumbu-bumbunya, buah-buahan, minuman dan kelengkapan lain. Pada undangan bukan orang sembarangan, harus dari kalangan khusus bangsawan.

Sebelum sang tuan rumah datang, mulailah undangan satu per satu muncul. Diantara mereka, adalah Columbus yang dapat kursi wahid, yakni yang deket sama tuan rumah. Lumayan banyak juga tamu yang sudah datang.

Columbus tenang, meskipun di situ dia nampak terasing. Beberapa mata menatap sinis dan sesekali ada bisik-bisik licik, kemudian tawa sombong dan krenyitan dahi, menguncup dan memicingnya alis mata. Sungguh bukan pemandangan sebuah keakraban.

Columbus masih diam. Tenang. Tetapi pemandangan makin makan ati. Seolah dari model baju, gaya rambut dan semua yang menempel di tubuhnya dicoba ditelanjangi oleh orang-orang di situ. Tetapi Columbus nampaknya tak bergeming.

Eeh..tau adem-adem aja, bukannya Columbus yang panas malah forumnya makin panas. Maka, seseorang ngangkat bicara:

“Apa sih hebatnya nemuin benua? Cuma naik prau dan nemuin pulau gede doang. Emang diantara kita gak ada yang nemuin pulau, apa?”

“Iya tuh, belagu banget. Anak kecil aja juga bisa gitu doang.”

“Pantes gak sih orang gitu dapat penghargaan tinggi? Yang milih pasti diguna-guna apa digimanain getooo…!”

“Suatu saat, Raja pasti nyesel milih orang ginian.”

Wah, giliran yang beginian Columbus merah juga telinganya.
Tapi dipaksa-paksain juga dia untun bisan ngomong dengan tenang. Suasana masih agak gaduh..”

“Ehm,”Columbus mendehem. Forum diem.

“Saya tahu banyak diantara anda yang kecewa ataupun menyayangkan dipilihnya saya sebagai peraih penghargaan tertinggi kerajaan. Saya bukan orang kaya dan bukan orang biasa. Tapi, kalau Anda mau, Anda boleh kok mendapat gelar yang diberikan ke saya dan saya copot gelar itu dari nama saya.”

Seseorang menggebrak meja:”Heh, Columbus. Jangan asal ngomong, ya. Siapapun di sini nyesel liat loe pake gelar segede itu. Bahkan kalo perlu kami beli asal lo gak pake tuh gelar. Dan sekarang, kalo emang lo berani, ayoh nyatakan kalo loe udah nyopot gelar itu”

“Lhooo…..siapa takut. Boleh kok. Tapi, asal diantara anda ada yang mau menerima tantangan saya,”katanya.

“APaan tuh!!”

Colombus ngambil sebutir telor dari atas meja.

“Nih!!!”

Para undangan masih belum paham apa yang dimaksud Columbus. wajah mereka masih bertanya-tanya.

“Kalau dari anda-anda ada yang bisa menegakkan telor ini sampe tegak lurus. Udah deh…ambil tuh gelar, dan kursi saya ini silahkan jadi milik anda!”

Nah, giliran para undangan bersemangat. Tapi, sampai satu jam acara menegakkan telor itu, nggak ada satu pun yang bisa menegakkan telor di atas meja.

“Udah?”tantang Columbus.”Gak ada yang bisa ya..?”

“Heh. Columbus. Ini jangan-jangan kerjaan lu ngasih hal yang memang mustahil, Sekarang loe sendiri tegakkin tuh telor biar kami tahu kamu gak akal-akalan”

Columbus tersenyum.

“Oke!!”

Columbus memegang telor itu di atas meja dengan posisi tegak lurus sambil dipegangi. Dengan tangan yang satunya, telur itu diberi tekanan sedikit sehingga terdengar suara:”Krak”. Pecah or remuk dikit ujung bawahnya. Tapi telornya jadi bisa berdiri tegak lurus.

“Ah….kalo cuma gitu aja, gue juga bisa.” kata orang-orang.

Colombus bilang,”Ya samaaaaa….giliran udah ditemuin lu baru bilang gitu. Pas Amerika udah gue temuin lu juga bilang gitu. Heh sini gua kasih tau: apa-apa itu kalo sudah ditemuin orang, apapun lah, semuanya jadi tampak mudah. Yang salah adalah kepala-kepala loe yang ngiri itu lho. Kenapa dulu sebelum aku temukan kalian gak nemuin duluan? Kenapa sebelum aku tegakkin telur ini kalian gak pada bisa? Salahnya adalah: kalian nggak ngelakuin apa-apa, dan menutup cerita ketika orang lain bisa melakukannya dengan sebuah kata basi: ‘ahh..kalo cuma gitu aku juga bisa’. ”

Selesai

UNDERASH – GAME KOMPUTER TENTANG INTIFADA

UnderashBarangkali, saat Anda membayangkan bagaimana rasanya tinggal di Timur-Tengah, anda harus berpikir dua kali: tidak bisa menghindari bayangan ataupun image buruk tentang kondisi Timur Tengah sebagaimana pencitraan dunia yang disajikan oleh barat. Lewat berita di media, game ataupun apapun yang sampai ke mata dan telinga kita selalu buruk dan penuh dengan sadisme Islam tanpa melihat ada apa fakta yang tersembunyi di balik itu.

Adalah perusahaan AFKAR MEDIA, sebuah perusahaan pengembang software yang (kata mereka) mau tak mau, harus menciptakan suatu karya sebagai bagian bahwa mereka mengemban tanggung jawab untuk berdakwah. Maka, ceritanya, mereka mencoba memberitakan kepada dunia tentang sesuatu yang ada di timur tengah dalam bentuk sebuah game komputer.

Inilah game karya mereka, sebuah cerita di balik konflik timur tengah mengarahkan mereka-mereka yang hobby pada video games serta film(yang selalu menyajikan pandangan berbeda tentang timur tengah sebagaimana Barat sajikan), untuk membukakan kepada mereka tentang dunia timur, dunia Islam yang sesungguhnya.

Permainan (game) yang hanya dikhususkan untuk 13 tahun plus (ke atas), ini berisi gambaran kekerasan dan figur-figur tembak menembak ala militer (Israel).  Cerita ini bukan hanya adegan penembakan warganegara atau kejahatan atas mereka yang didasarkan atas kejadian imajiner belaka. Bukan pula sekedar simulasi pengeboman bunuh diri atau simulasi teroris apapun. Tetapi lebih dari itu, tiap-tiap bagian pada game ini diinspirasi langsung oleh kisah nyata yang menimpa penduduk Palestina, sebagaimana yang didokumentasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (tahun 1978-2004). Saat itu sepanjang jalur Gaza adalah tanah yang dikuasai (Israel) sesuai dengan hukum PBB, dan aksi militer yang dilakukan penduduk sipil melawan tentara pendudukan dianggap sah untuk diambil tindakan.

UnderSiege ataupunUnderAsh, nama permainan ini, berisikan kisah seputar sejarah modern Palestina, khususnya kisah tentang keluarga Palestinian 1999-2002 selama perjuangan Intifada yang kedua. Semua level pada game ini berbasis pada kisah yang benar-benar nyata dan perusahaan pembuat game ini sudah lama menanti-nanti untuk menyebarluaskannya di seluruh dunia.

Anda akan melihat simulasi bagaimana ustad-ustad dibunuh di depan istri dan anak-anak mereka dengan tembakan jarak dekat. Anda akan melihat bagaimana anak-anak intifada muda dengan ketapel melempari tank israel dengan kerikil dan batu. Anda akan melihat bagaimana jamaah sholat di masjid Hebron diberondong dengan F16. Anda akan melihat semuanya.

Semoga anda tertarik tetapi tidak perlu emosi. 😛

silahkan baca dan lihat selengkapnya kalau perlu beli game-nya di: http://www.underash.net