Menjelang Launching Software Pengelolaan Klien Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta

Puji syukur kami panjantkan kehadirat Allah SWT akhirnya selesai juga pembuatan software SIM PSTW ini sehingga siap digunakan untuk kebutuhan database PSTW.

Awal gagasan penyusunan software ini bermula pada sekitar pertengahan bulan Juli 2010. Bapak Kepala saat itu, Bapak Drs Sulisno, secara sepintas menanyakan kepada saya tentang kemampuan saya untuk membuat sistem komputerisasi agar memudahkan bagi staff PSTW mencari data klien, penanggungjawab dan kontak person yang bersangkutan. Bukan sekedar menggunakan data MS Excell tetapi sesuatu yang lebih memudahkan lagi, kata beliau. Saat itu saya menyatakan sanggup.

Menjelang bulan Ramadhan, gagasan tersebut kembali diutarakan kepada saya, tetapi yang berbicara saat itu adalah Ibu Dra Setiawati Sujono, Kepala Seksi PJS, kembali mengutarakan kepada saya hal yang sama. Secara panjang lebar beliau mengutarakan kebutuhan-kebutuhan yang ada di PSTW terkait dengan komputerisasi data, mengingat PSTW selama ini telah menjadi panti percontohan di Indonesia. Akhirnya, sejak saat itulah terkonsep gagasan awal pembuatan software database ini.

Software ini digunakan untuk mengelola data klien Panti Sosial Tresna Werdha yang meliputi data administrasi pribadi (identitas pribadi, identitas keluarga, alamat asal dll), data medis (kondisi kesehatan klien di awal masuk panti, kondisi klien selama berada di panti, dll), data terkalit pengelolaan klien di panti seperti aktifitas sosial, aktifitas rohani, aktifitas pembinaan ketrampilan dan aktifitas apapun yang diikuti klien yang memperoleh pendampingan dari pekerja sosial di PSTW.

Software ini bermanfaat untuk pemantauan internal aktfitas PSTW oleh pengelola Panti, bahan evaluasi terhadap klien yang dilakukan oleh pengelola panti, digunakan untuk kepentingan ilmiah ataupun studi, digunakan untuk kepentingan praktis pengelolaan data klien seperti melacak penanggungjawab klien ketika klien meninggal, ketika klien sakit dll, ataupun digunakan untuk kepentingan arsip.

Data-data yang dimasukkan atau diinput dalam software ini mengacu kepada Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 4 / PRS-3/KPTS/2007 tentang PEDOMAN PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DALAM PANTI.

Gagasan software yang awalnya hanya digunakan untuk memudahkan pencarian klien, penanggungjawab dan no HP serta alamatnya, berkembang menjadi gagasan untuk pendatabase-an seluruh aktifitas klien. Bagi saya, sangat muspro jika software ini nanti Cuma digunakan untuk sekedar itu, mengingat apa yang diutarakan oleh Bu Wati, semestinya kita sudah memiliki alat komputerisasi semua aktifitas klien. Aktifitas-aktifitas yang ada, sebisa mungkin tercatat dan terdatabase untuk kemudian diubah menjadi laporan siap saji yang bisa digunakan untuk kepentingan praktis seperti penulisan laporan pertanggungjawaban, pelengkap data untuk presentasi, sampai dengan untuk kepentingan kepentingan strategis seperti perencanaan kebutuhan, monitoring-evaluasi, kebutuhan untuk kepentingan akademik, serta hal-hal lain yang dimungkinkan dari pemanfaatan data-data yang diinput di komputer. Mengapa tidak?

Data yang akurat adalah bahan utama dari sebuah perencanaan strategis. Pengambilan kebijakan yang didukung oleh data akan memiliki tingkat pencapaian hasil yang relatif baik, memiliki tingkat kepercayaan yang kuat, dan juga memiliki validitas yang tinggi dalam konteks monitoring dan evaluasi. Berdasarkan pengalaman penulis, komputerisasi data yang diperlukan untuk tujuan di atas bisa dilakukan. Maka, seiring berjalannya waktu selesailah penyusunan software ini yang memiliki kemampuan untuk input data:

  • Data dasar klien, seperti identitas klien, identitas keluarga klien, penempatan klien di PSTW, dan disabilitas.
  • Data pengobatan klien,
  • Data hasil tes psikologis klien
  • Case Record Klien
  • Penilaian kegiatan klien dalam menerima pelayanan yang dilakukan oleh Panti sepeti: Pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar/fisik, pelayanan bimbingan sosial, pelayanan fisik dan mental, pelayanan bimbingan psikososial, pelayanan ketrampilan dan pelayanan rekreasi dan hiburan (sumber:Buku Panduan Manajemen Kasus Panti Lanjut Usia Dalam Panti, Diterbitkan oleh Direktorat Pelayanan Lanjut Usia, Direktorat Jendral Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI tahun 2010)

Dari input data di atas software ini mampu melakukan penyajian data klien, penyajian dalam bentuk grafik terkait data klien (misalkan saja sebaran klien berdasarkan alamat asalnya), grafik korelasional ataupun pivot table (tabulasi silang) yang menghubungkan variabel satu dengan variabel lain, misalkan saja antara perbandingan jenis kelamin klien dengan usia klien, dan pada waktunya nanti bisa dilakukan pemanfaatan untuk kepentingan akademis ataupun analisis statistik korelasional, misalkan menghubungkan antara usia klien dengan aktifitas klien dll.

Setelah posisi kepala panti mengalami pergantian dari Bapak Drs Sulisno kepada Bapak Drs Sutiknar, apresiasi dari Bapak Drs Sutiknar terhadap perancangan software ini sangat positif. Sesuai yang saya tangkap, Beliau memiliki pandangan dan gagasan lebih jauh tentang bagaimana pemanfaatan software ini untuk kepentingan-kepentingan kemajuan PSTW. Dari sanalah Beliah memberi masukan dan saran lebih lanjut untuk penyempurnaan software ini. Alhamdulillah.

Sejujurnya saya merasa beruntung mendapatkan amanah untuk menyelesaikan software ini, karena dari sini saya bisa secara praktis menumpahkan kemampuan saya di bidang IT, mengetahui tata kelola dan manajerial Panti, khususnya panti werdha, serta secara praktis mengamalkan ilmu yang penulis dapatkan untuk kepentingan umat dalam kerangka ibadah yang penulis tujukan hanya kepada Allah SWT.

Demikianlah cerita kancil tentang pembuatan software ini. Harapannya, tentu saja semoga software ini bisa memenuhi segala sesuatu sebagaimana yang dimaksudkan oleh Bapak Drs Sulisno, Bapak Drs Sutiknar, Ibu Dra Setiawati Sujono, Bapak dan Ibu Pekerja Sosial dan PJS di PSTW, Bapak dan Ibu di Tata Usaha serta teman-teman perawat. Terima kasih banyak, dan semoga bermanfaat.

Salam

Feriawan Agung Nugroho, S.Sos

Interface software bisa dilihat di bawah ini:













9 thoughts on “Menjelang Launching Software Pengelolaan Klien Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta”

    1. matur nuwun, Mas Ari, Kenapa tidak? Coba sama-sama di share gagasannya, asalkan untuk kemaslahatan atau untuk perbaikan negara, mari sama-sama belajar dan sama-sama mewujudkannya…

  1. Luar biasa.. Setelah itu saya antri untuk minta pula di buatkan database komoditas pertanian secara luas, meliputi bidang tanaman pangan, hortikultura dan peternakan.. Mantap mas.. Salut !!!

  2. Sudah dilaunching mas??
    Kalo sudah… ada rencana buat dishare disini biar bisa dipake rame2 hehe..
    Softwarenya bisa dipake buat PSTW2 yang lain kan? Soalnya saya kerja di PSTW juga dan akan sangat terbantu dengan adanya software ini…
    Mantabs mas… Salut !!!

    1. belum 100 persen dipakai, mas. ya maklum, human factor. soal indikator yang perlu persetujuan dari person-person yang ada. oke deh mas. ntar kalo dah jadi semoga bisa dinikmati. mohon doanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s