Download Software Interaktif Gamelan (Gamelan Mechanique)

Hormat dan salut saya kepada Ibu Kati atau Mbok Tu (Catherine Basset) seorang bule Prancis peneliti gamelan (bersama dengan Mas Olivier Koechlin, teknisinya) yang membuat software ini dan dipasang di http://www.cite-musique.fr/gamelan/ . Beliau adalah orang yang memiliki ketertarikan dalam musik etnik, dab salah satunya gamelan, yang kemudian dibuat software berbasis flash yang sangat pantas dijadikan software referensi, edukasi maupun rekreasi bagi siapapun yang ingin mengenal gamelan.

Coba bayangkan, apa nggak malu bahwa orang yang membuat software ini adalah orang Prancis. Padahal kewajiban nguri-uri kabudayan indonesia tu kan semestinya ya kita-kita yang rumangsa sebagai anak cucu pewaris kebudayaan Indonesia yang adilihung. Lha wong anak-anak kita dibiarkan dijejeli sinetron njelehi padahal kita punya wayang yang difungsikan sebagai tontonan bernilai tuntunan. Lha wong kita punya tari-tarian yang bagus-bagus dan melambangkan keceriaan, kemakmuran bangsa, kekaguman karya Allah, lha kok malah pating jingkrak nggak karuan dengan lets get dance. Lha kita memiliki musik-musik yang selaras jiwa manusia Indonesia, eh..lha kok kita sibuk dengan musik impor dari nasyid sampe underground. Tapi mungkin kita tidak pernah merasa malu wong kita adalah bangsa yang tidak lagi punya rasa malu.

Yak, langsung saja penjelasan teknis:

Ketika kita membuka software ini dan dijakankan, kita akan dihadapkan dengan interface pilihan model gamelan mulai dari gaya Jawa(Lancaran dan Ladrang), Sunda (Sekar Alit) dan Bali (Gilak dan Baris).

Begitu klik salah satu, kita sudah bisa bereksperimen untuk mukul-mukul berbagai instrumen musik (sound musik tersebut akan terdengar otomatis begitu kita klik alat ybs) yang dilengkapi dengan nama dan keterangan alatnya (sayangnya dalam bahasa perancis).

Bukan itu saja, software ini bahkan dilengkapi dengan bagian latihan untuk membuat aransemen dari alat-alat yang ada di rangkaian gamelan ini. Kita tinggal klik pada bagian notasi dan disesuaikan dengan simbol ataupun urutan nadanya dan kemudian jika di eksekusi akan terdengarlah suara sesuai dengan notasi yang kita buat.

Langsung saja, kalau mau download langsung aja ke situs YBS dengan klik di sini (PC windows).

Sekedar catatan, software ini memerlukan plugin adobe shockwave player yang bisa didownload di sini yang biasanya sudah ada pada komputer windos XP, vista ataupun 7

13 thoughts on “Download Software Interaktif Gamelan (Gamelan Mechanique)”

  1. ho o nih mas…kita harusnya malu dgn diri sendiri…lha kok wong londo sing malah preduli…tp mungkin ada masyarakat kita yg peduli juga cuman tidak terekspose atau sulit ditemukan karena tidak banyak…btw makasih link2 donlot yg gratisan ini…saya jadi kesenengen mas..hehehe

    respon: semoga demikian, mas Lilik, bahwa masih ada konco-konco yang perduli tapi memang belum kliatan aja. Karena dari semua konco yang pernah bikin software serupa ini, justru yang terlahir adalah dikomersilkan ataupun tidak dipublikasikan. Akibatnya, tujuan pelestarian malah melenceng pada tujuan kapitalisasi. Oke, mas. silahkan download aja sesukanya. Semoga bisa bermanfaat..

  2. saya orang bali………..
    keren banget programnya…….
    thank,s……

    respon: sama-sama, Bli..saya pernah di Tuban, Bali setahun, Salam hormat saya untuk saudara-saudara di Bali…

  3. Malu sangat mas, tapi mau gimana lagi. Lebih baik, yang sadar harus melestarikan dan biar yang tidak sadar terbawa oleh arus… ntar juga kalau di klaim RASA LATAH NASIONALISME mereka pasti keluar dan kambuh dan biasanya menghina n mencela negara yg mengklaim budaya yang bersangkutan. Padahal Negara tersebut tak salah jika mengklaim wong kitanya saja tak mau melestarikan. Lebih baik ada yang melestariakn daripada tidak ka? Tapi kita sebagai generasi penerus HARUS SELALU menjaga dan melestarikan budaya kita jangan sampai budaya kita diklaim oleh bangsa lain.

    respon: sepakat, mas..

  4. malu . . .
    harusnya indonesia-lah yang bikin ini… tp knp orang luar yg mengklaim? ini krna indonesia sbagian besar terpengaruh dengan budaya luar…

  5. Inilah realita kehidupan. Banyak dari kita yg beranggapan bahwa budaya dari Barat sebagai budaya modern sehingga tidak mau melestarikan budaya sendiri karena dianggap kuno/ ketinggalan jaman, sebaliknya banyak orang Barat yang justru malah kagum dengan budaya kita….

  6. bagus.. mantab..
    masalah budaya mah jangan sampe mempertanyakan ini lahan kita atau lahan siapa??
    yang penting siapa yang ingin memajukan kita dukung sama-sama
    jangan sampe kita fanatik, budaya kita harus orang pribumi yang majuin.. ketika orang lain bisa mengapa tidak kita perjuangkan..
    takutnya kalau bertanya siapa yang musti majuin??
    takutnya itu pada dibiarin surut..
    tapi ada pertanyaan dasar yang harus kita pecahkan bersama…
    memanh kita tidak bisa seperti orang Prancis tersebut???

  7. Betul lestarikan budaya Indonesia salah satunya Gamelan melewati anak muda sekarang dengan paksaan jadi kita harus memaksakan tidak malah membiarkan anak muda tidak tau tentang gamelan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s