Download Software Kamus Besar Bahasa Indonesia lengkap versi offline (Stardict) beserta tutorial instalasinya

Tertarik untuk memasang software Kamus Besar Bahasa Indonesia di komputer/laptop anda? Sebenarnya sejak beberapa waktu lalu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudah tersedia dalam versi online di situs http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/ tetapi tentu saja situs ini tidak ramah kepada kaum miskin, khususnya miskin koneksi internet.

Di beberapa blog, kemudian saya temukan ternyata ada pihak-pihak yang telah berhasil melakukan pendatabase-an dari KBBI untuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan software Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kalau menurut sumber sih, namanya mas Steven yang bisa anda lacak di sini. Beberapa diantara teman blogger juga telah mengupas bagaimana pemanfaatan software ini, salah satunya dengan menggunakan software bebas berlisensi publik dengan nama Stardict. Salah satunya adalah di sini.

Posting saya kali ini adalah untuk melengkapi kawan-kawan yang telah membuat software Stardict KBBI tersebut agar anda ataupun pembaca blog ini yang kemungkinan masih sangat awam dengan instalasi software, bisa dengan mudah melakukan instalasi KBBI versi stardict di komputer anda. Saya telah menyusun tutorialnya beserta gambar-gambar yang membantu anda memahami step-by step instalasinya. Tidak rumit! Saya jamin.

Intinya ada dua langkah mudah untuk memasang software stardict KBBI, pertama install stardictnya, dan kedua install saja database nya.

DOWNLOAD

Anda bisa mendapatkan langsung dua software tersebut: stardict versi windows di sini dan database kbbi di sini. Atau jika anda tidak mau ribet, download keduanya (satu paket) langsung di sini (google drive) atau di sini(dropbox)

TUTORIAL INSTALASI

Anda bisa melihat, ataupun mendapatkan (download)tutorial instalasinya di sini(scribd) atau klik aja gambar di atas . Semoga membantu. Semoga Anda sukses dan mohon doanya jika anda memperoleh keberuntungan karena tulisan ini.(*)

20 thoughts on “Download Software Kamus Besar Bahasa Indonesia lengkap versi offline (Stardict) beserta tutorial instalasinya”

  1. om..trims kamusnya…penting utk kenal bahasa..
    sukses selalu..

    respon: terimakasih kembai mas, John. Sukses untuk Anda juga..

  2. Lagi-lagi aku amat terbantu dengan software ini apalagi gratis semoga TUHAN memberi balasan dengan yang lebih baik atas hasil kerjanya kepada semua puhak yang terlibat. Sebelumnya ada kamus yang sejenis tapi kurang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s