Download Software Belajar Aksara Jawa Untuk Anak-anak

Secara tak sengaja saya mampir ke blog http://wedangansoloraya.multiply.com/ dan ternyata menemukan sebuah software yang, cita-citanya, ingin saya kembangkan lebih lanjut. Software itu bernama Belajar Aksara Jawa Untuk Anak-anak yang dibuat menggunakan Macromedia Flash.

Ide dasar software ini kalau boleh menebak adalah memudahkan anak-anak untuk belajar mengenal huruf jawa ataupun huruf hanacaraka. Dari catatan di dalamnya konon pembuatnya adalah saudara sidiq harmawan saputra. Sayangnya dari pengamatan saya, software ini sepertinya belum rampung benar ataupun masih bisa disempurnakan pada banyak hal. Yang manakah itu?

Sebelum ke sana, saya sangat appreciate dengan intro gunungan dan kemudian suasana yang dibangun dengan barisan punakawan masuk, dan kemudian masuk ke menu utama sebagai berikut:

Sampai di sini suasana akrab sudah dibangun dari maskot yang ada serta suara yang diisikan pada tiap icon.

Dan ketika masuk ke menu pengenalan yang terdiri dari 4 submenu: aksara carakan, sandhangan, aksara swara, dan wilangan.

Ketika di klik aksara carakan, kita sudah mendapati halaman utama berupa alphabet hurup jawa besertabunyi dan cara penulisannya:

Sampai di sini sangat menarik, tetapi begitu masuk submenu selanjutnya saya agak kecewa.

Sayangnya dalam sandhangan, tidak dijelaskan penggunaakn sandhangan itu di masing-masing huruf carakan, hanya diperagakan namai dari masing-masing simbol sandhangan itu tanpa tau apakah maksud ataupun bunyi yang ditimbulkan:

Demikian pula dari Menu Contoh, malah tidak ada contoh sama sekali melainkan gambar tokoh-tokoh wayang.

Demikian pula dalam kuis tebak aksara jawa yang hanya menampilkan huruf per huruf dan bukannya soal yang berjenjang/level. Nah, dari sanalah tampaknya ide dasar pembuatan software ini bisa ditiru dan dikembangkan siapapun.

Untuk awalnya saya kira software ini layak untuk diberikan pada si buah hati untuk mengenal huruf jawa.

Silahkan kalau tertarik download  di sini (Ziddu), atau di sini (situsnya sumber). Terima kasih…

7 thoughts on “Download Software Belajar Aksara Jawa Untuk Anak-anak”

  1. Mas Feri, kula matur suwun ingkang tanpa pepindhan, dene punapa lantaran situs panjengan punika kula saget pasinaon ingkang kathah. Mugia saget murakabi tumrap sedaya siswa kula.
    Kagem panjenengan mugia tansah pikantuk pangayoman saking Gusti ingkang murbeng dumadi. Amien

    respon: dawah sami-sami, Pak Katrim. Nderek bingah lan mongkok dening para siswa saget kasranan lantaran sakedhik pangertosan ingkang kawula babarakan ing situs puniki. Matur nuwun sanget pandonganipun, semanten ugi panyuwun kula dumateng Gusti kagem panjenengan lan para siswa. Mugi Gusti Ngijabahi. Amien.

  2. Suwun sanget sampun kersa paring ngertos software menika mas Feri, sekalian dalem nyuwun ijin nderek share software panjenengan njih…, supados saget damel srana sinau lare-lare kawula, suwun sanget…. lemah teles, Gusti Allah ingkang mbales…

  3. matur sembah nuwun ingkang kathah sanget,kulo dumados saget mangertos punopo aksara jawi meniko.mugi-mugi sadulur dipun paringi kamulyan ingkan ageng dumateng sang hyang widi…

  4. hahahahahaha…
    wah itu kok ngambil gambar ilegal…
    ada karakter chibi PKAN (pekan komik animasi nasional)
    sudah ijin pembuatnya belum????
    gitu kok bangga menyebarkan software…wkwkkwkwkwk

    Respon: hahahaha…iya to mas? Yang pertama, itu bukan software karya saya, Mas. Bukan. Sekali lagi BUKAN karya saya. Sebagaimana saya tulis di artikel saya di atas bahwa software ini berasal dari situs: http://wedangansoloraya.multiply.com/ dan saya hanya melakukan review dan penyebarluasannya. Perihal apakah karakter yang diambil itu milik orang lain ataukah bukan, yah maafkan atas kekurangan saya kalau ternyata saya tidak kritis bahwa karya tersebut memiliki pelanggaran hukum. Kedua, saya tidak pernah merasa bangga diri terhadap apapun yang saya lakukan, tetapi bangga bahwa saya punya budaya yang baik. Tetapi jika pernyataan itu MENYENANGKAN bagi anda. ya sudah, saya terima saja. Semoga maksud mas baik adanya. Matur nuwun.

Leave a Reply

