Kamus saya Berviruskah?

Beberapa keluhan mengenai kamus-kamus yang saya buat mulai bermunculan dengan indikasi terkena virus TR/Agent.276205.A yang dideteksi dengan menggunakan Avira Antivir Personal. Benarkah memang bervirus ataukah itu hanya ulah Avira antivir yang reaksioner?

Terima kasih kepada siapapun yang memberikan apresiasi terhadap software saya ini. Sebelum saya menjawabnya, saya perlu kemukakan dahulu bahwa kamus tersebut menggunakan software freeware bernama wordopedia yang dibuat oleh  digital.hollmen.dk dengan lisensi bebas digunakan. Kemudian saya download di bagian ini. Tetapi karena situs yang bersangkutan ternyata sedang tidak menyediakan aplikasi tersebut dan merekomendasikan ke tautan yang lain di sini, ya saya ambil dari situ.

Saat itu, komputer saya menggunakan NOD32 campur Norman. Kedua antivirus ini tidak mendeteksi adanya bahaya virus ataupun spyware. Ya udah, langsung aja dilanjut pekerjaannya.

Selang beberapa waktu teman saya menginformasikan bahwa di komputer dia, kamus saya ini diindikasikan bervirus. Dan benar, setelah saya cek dia menggunakan Avira terindikasi bahwa Kamus ini bervirus TR/Agent.276205.A .

Yah, pucat deh…reaksi itu yang pertama ada. Keringat dingin mengucur, badan langsung lemah dan seolah abis sudah karya-karya ini. Tetapi saya kira bukan saatnya putus asa. Saya ganti antivirus dengan menggunakan Avira untuk memastikan bahwa saya tidak sedang menggunakan software bervirus.

Searching sana sini di situs-situs besar seperti Softpedia, Brothersoft, Freewarehome, dan beberapa situs lain lalu kemudian saya download dengan harapan tak terdeteksi sebagai terinfeksi virus.

Ternyata nasib berkata lain. Semua wordopedia saya terindikasi oleh virus oleh Avira. GIla kan? Nah. Lalu giliran saya lebih lanjut menanyakan sama avira: apakah TR/Agent.276205.A sehingga demikian kejam disebut sebagai antivirus. Ternyata dari situs avira tersebutkan bahwa TR/Agent.276205.A sebagai:

No description was found matching your research criteria.
NOTES:
This information or parts of the information contained herein describe a status, as it was in the moment this information was written and might not be accurate at all times regarding the latest developments.
For this reason, we recommend you to periodically check our website, http://www.avira.com.
AntiVir cannot be held responsible for any special, collateral or accidental damages, related in any way to the use of AntiVir Threats Inventory.
The threats descriptions are provided on an “as-is” basis and AntiVir does not offer any warranties, either implicitly or explicitly.

Lihat gambar berikut:
Naaah..kamu ketahuan.

Jadi, dari kesimpulan saya, ternyata avira hanya membaca sekilas bahwa software kamus saya bervirus, sementara antivirus lainnya adem-adem saja.  Sejauh saya menggunakan software ini, saya tidak mendapat gangguan spyware ataupun virus yang berbahaya ketika menggunakan Norton, AVG, NOD, FProt dan beberapa antivirus lokal. Hanya avira lah yang menyebutkan software saya memiliki kamus.

KESIMPULAN?

Saya berani menyimpulkan bahwa Avira telah salah menduga terhadap perilaku software saya dengan menyebutnya sebagai bervirus, tetapi avira tidak bertanggungjawab ketika disuruh menjelaskan virus apakah itu. Toh dalam kerja saya dengan komputer tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Tetapi, segala keputusan tetap berada di tangan anda untuk peracaya atau tidak terhadap avira. Saya sebatas pihak yang berkarya tetapi tidak memberikan jaminan utuh terhadap resiko penggunaan software ini. Silahkan menimbang…!!

Terima kasih..

3 thoughts on “Kamus saya Berviruskah?”

  1. jadi gimana solusinya kalo abis download di situs ini trus pake Avira buat scan rutin, ternyata file2 downloadnya pada ilang semua. minta solusi nggih

  2. selama ini saya menggunakan antivirus AVG dan Smadav. selama menggunakan antivirus ini semua terasa aman. begitu juga kerja terasa nyaman.akan tetapi teman saya yang menggunakan antivirus avira, antivirus tersebut tidak dapat dipadukan dengan antivirus lokal, sebagaimana AVG dengan Smadav

Leave a Reply

