Kamus Jawa-Indonesia silahkan download

Setelah saya mencari di dunia maya, ternyata sulit ditemukan kamus jawa offline. Kalaupun ketemu, sepertinya sifatnya eksperimental program delphi sehingga kontentnya agak tidak serius. Makanya saya iseng bikin sendiri meskipun jawanya masih jawa ngoko, nanti kalau bisa saya masukkan yang kromo juga.

Kamus ini bukan kamus egois yang tidak bisa dirubah atau ditambahkan, anda berhak untuk merubah isi dan menambahkan sesuai keinginan anda. Ada bisa menghilangkan kata-kata kasar, jorok ataupun tidak berkenan untuk menghindari miss presepsi, misalkan: dapur (jawa) saya terjemahkan menjadi dapur, dan wajah (kasar).

Ukurannya cukup kecil, hanya 288 mega eh..salah…kilobyte..dan ter-zip. Bisa anda ekstrak dimanapun (di flashdisk juga bisa) asal dalam satu folder dan tidak diubah-ubah susunan isinya.

Berikut interfacenya:

Nah, anda bisa mendownload di sini: sini (ziddu) ataupun di sini (divshare)

Selamat menikmati.

42 thoughts on “Kamus Jawa-Indonesia silahkan download”

  1. makasih mas, saya juga sangat membutuhakan kamus ini. kan kita hidup di tanah jawa, jadi harus bisa bhs jawa…

    Respon: sama-sama, Mas…sepakat seratus persen…

  2. makasih mas…akhirnya ketemu juga…
    kalo bisa tolong dong kamus jawa yang halus (yang biasa dipake para raja gitu…)
    thx

    sama-sama, mas Deden. Iya, ini sedang dirancang softwarenya mas, karena untuk bahasa jawa ada 3 tingkatan, ngoko, krama madya(tengah), dan krama inggil (tinggi/halus), sehingga butuh 3 tingkatan terjemahan… sabar yaa..

  3. terima kasih mas.. banyak juga software yang berguna buat anak saya belajar.

    Sama-sama, Mas Hakim. Semoga bisa bermanfaat, berguna dan tersebar luas. Kalau ada kritik dan saran, jangan sungkan-sungkan disampaikan.

  4. Salut buat Mas…
    kebetulan saya orang jawa .. namun besar di jakarta…
    dan bener2 mau bercinta dengan budaya dan adat sendiri…
    Semoga kamus ini juga bisa sebagai langkah untuk melestarikan budaya kita yang kaya ini sebagai generasi penerus…
    karena saat ini ironis sekali budaya kita justru di cintai dan di kembangkan oleh orang2 luar, sedangkan generasi kebanyakan kita yang terlalu asik dan gengsi bahkan bangga menyerap budaya Asing atau barat.
    Kalau tidak dimulai dari kita, ya siapa lagi…😉

  5. wah kweren mas…saya juga nyari2 ternyata sulit ditemukan ya….
    sekarang ketemu disini…makasih mas…apresiasi buat masnya yg sudah susah payah bikin kamus ini..mari lestarikan budaya bangsa

    Respon: kembali kasih…matur nuwun apresiasinya…

  6. waaakh..saya udah keder baca sourcenya yg 288 MB. ternyata 288 kb toh..hehehhe…siip mas karyanya..mantafff

    Respon: weh..he-eh…:)). Sorry, mas salah tulis..

  7. hehe…maaf mas..kagak baca [postingan selanjutnya dari mas…iya kok aman kayanya…thx for free sopwarenya….

    sangat2 bermanfaat sekali….

    klo ane bisa bikin sopware juga pasti juga ane kasi free semua….
    😀

    respon: sama-sama kembali kasih. semoga mas juga diberi kemudahan untuk membuat software, niatan aja udah 50% realisasi, mas.

  8. ada kamus jawa~indonesia yg interactive ga?
    kalau ada pls share… beli juga boleh
    Matur suwun mas fery

    Respon: ini versi lama, yang baru sudah ada. Tetapi nuwun sewu, saya kurang paham maksud interaktif yang anda maksud, Mas Segoro. Search aja di Search engine blog saya ini..kembali kasih…

  9. maaaaaaaaaaaas kok ngga bisa di send ke desktop? dah ku klik gambar burung benderanya kok.tapi yg keluar move sama exit doang…..gmn mas…tolongin doooong
    makasiiih banyak….

    respon: itu yang diklik kanan iconnya saja, jangan pas softwarenya running, non…

  10. mas kagak bisa diinstal.. udah pake’ semua cara tapi yang ada cuma extrac

    respon: yang ini gak perlu install, langsung aja dipake….

  11. ijin copy paste database mdb ya mas.
    ada cara lbh mudah untuk menjalankan aplikasi kamus buatan teroris cinta, setelah donlod, trus extract, akan ada 3 file, kamus jawa, setup .exe dan setup.lst. Caranya tinggal extrak kamus jawa.cab pake winrar ato winzip, lalu jalankan file kamusjawa.exe didalamnya. semoga membantu.

  12. Matur nuwun mas, saya mahasiswi seni rupa yang mau membuat karya tentang wayang, cuma pakai bahasa jawa dan saya nggak terlalu hapal banyak kosakata, jadi aplikasi ini sangat membantu saya. Sekali lagi terima kasih ya!

      1. Assalamu’alaikum,
        saya ucapkan terima kasih pada PakMas Feriawan, sangat membantu dan bermanfaat.
        semoga barokah..
        aamiin,,

        mau tanya PakMas..
        saya mencoba menambahkan kosa kata ke dalam kamus,kemudian saya simpan.
        akan tetapi, ketika saya tutup program ini, setelah saya buka kembali, data2 yang saya masukkan itu tidak tersimpan. selalu kembali ke aslinya.
        bolehkah saya tahu, bagaimana supaya bisa tetap tersimpan sehingga bisa menambah kosa kata dalam kamus.
        terima kasih…
        😀

      2. Waalaikum salam, Mbak Anggraeni. Kembali kasih,…
        Saya sudah menguji program ini, barusan juga sudah saya uji dan tidak menemukan kasus sebagaimana yang Mbak tuliskan. Mungkin beberapa tips ini membantu:
        1. Pastikan bahwa program ini DIEKSTRAK dalam satu folder. (Modus simpan kosakata tidak akan bisa dilakukan jika mbak menjalankan software ini ketika masih tersimpan dalam file.zip, mengapa? Karena kalau menjalankan program dari file yang ter-zip, maka yang sedang dijalankan adalah file sementara, bukan file riil yang ada di dalam zip tersebut)
        2. Pastikan cara simpan kosakata tersebut sesuai dengan syarat yang berlaku.

        Well. semoga berhasil…

  13. Matur Nuwun Mas.., 2 jam lebih celingukan cari di google alhamdulillah akhirnya ketemu. insyaAllah mas diparingi waras,berkah melimpah dan senantiasa dilindungi Allah SWT. aku mo memperlancar basa jawaku, tolong didoain ya mas,,

Leave a Reply

