Membuat CD Image

Apa sih Image CD Itu? Kenapa buat CD Image? Bagaimana cara membuat CD Image? Apa fungsi CD Image?

Ini masih lanjutan tentang posting sebelumnya tentang image CD. Ngapain sih kita susah-susah buat image CD dan mesti pakai daemon tool?

Beberapa hari lalu ada temen saya mengeluh. Dia punya serangkaian CD original program yang kerap digunakan. Sayangnya, program itu tidak bisa langsung di copy di harddisk dan dijalankan. Program itu bisanya running on CD, artinya, hanya berjalan jika CD program tersebut tertancap di CD-Rom. Nah, bayangkan betapa repotnya ketika pasang-nancap-pasang-nancap CD ke CD-Rom terus-terusan.

Selan repot, resiko CD dan CD Rom rusak karena aktifitas pasang-nancap juga bakal dirasakan. Kalau CD sudah gores-gores dan tidak terbaca, nangis dah !

Masih untung jika ada kesadaran untuk membackup CD atau menggandakannya dengan melakukan Copy CD/DVD. Biasanya berbagai software CD Copier dapat dengan mudah ditemukan untuk melakukan backup CD ke CD-Blank (CD kosong). CD kosongan bisa dengan mudah dicari di toko dengan harga mulai dari Rp 1200 sampai yang termahal.

Sayangnya, tidak semua CD bisa digandakan sesuai aslinya. Beberapa CD Original dan CD yang diolah oleh programmer berpengalaman telah membuat CD tersebut tidak bisa tercopy. Rata-rata CD tersebut adalah CD program dan CD Game Original. Kalaupun berhasil tercopy, hasil copyannya akan ditolak oleh komputer dengan adanya task (contoh) : Please insert your “Hipnotical” CD into Drive G: then press OK” Nah, pusing kan?

Mengapa itu terjadi? Karena programmer CD menambahkan file-file tertentu ataupun trik-trik tertentu agar CD tidak bisa digandakan ataupun dicopy. Beberapa alat pengganda CD melakukan penambahan bad sector di CD agar seolah CD punya bad sector (macam di Hard disk) sehingga CD bisa dibaca tetapi tidak mungkin bisa tercopy CD.File-file yang diacak untuk masuk di area bad sector akan terbaca jelas oleh komputer tetapi tidak akan bisa dicopy baik secara manual (copy paste) ataupun copy CD.

Gimana cara mengakalinya?

Disinilah kita butuh melakukan copy Image CD. Artinya, CD dikopy perwajahannya pas persis plek, katakanlahsampai ke rusak-rusaknya, sampai ke goresannya dan sampai ke bagian-bagian njelimetnya tanpa ada koreksi dari pembacaan komputer. Nero dan beberapa program pembakar CD bisa melakukan pembuatan CD Image. Sayangnya, sensitivitas nero untuk mengenali broken track atau bad sector CD sangat lemah sehingga beberapa program original gagal digandakan, ataupun terjadi looping. Looping artinya pembacaan CD yang terus berulang-ulang karena track atau rel CD sudah disengajakan dirusak oleh programmernya.

Salah satu program pengkopi CD yang bisa membuat image CD yang recommended adalah Clone CD. Download aja versi trialnya di : http://www.slysoft.com/en/download.html dan kalau mau cari bajakannya di internet banyak dah. Clone CD cukup ampuh untuk melewati atau melakukan skip pada bad sektor CD tanpa terjadi looping. Image yang dihasilkan biasanya kemudian menjadi 3 file: *.ccd, *.iso, dan *.sub.

Berikut langkah-langkah Copy CD:  klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s