Bagaimana Burning CD Pakai atau Tanpa Nero

Sekarang baru tahu kalau kesempatan itu berharga banget. Sudah sekian bulan saya grisinen pengen nulis di blog ini dan selalu gak ada kesempatan. Maklum, kesibukan sebagai peneliti dan kegiatan kampanye buku ekstraktif industri telah memakan banyak space waktu saya dalam sehari. Belum lagi ada tambahan nggarap ilustrasi untuk buku anak-anak bareng seorang teman saya yang lain.

Untuk tombo kepingin saya, di link saya ini sudah saya tuliskan dua buah tutorial burning CD dengan menggunakan Nero ataupun tanpa Nero di Windows XP. Sebenarnya persoalan yang saya paparkan ini sepele tetapi masih banyak manusia belum tahu caranya, karakteristiknya dan perlakuannya.

Tutorial itu sudah lama saya buat di kala ngurus warnet anyar di Borobudur, tempat Mas Ipar saya. Iseng saya buat guna temen-temen OP bisa praktek burning melayani pelanggan. Pelanggan sendiri kan lucu, kadang beli CD blank dan reka-reka mau burning file via komputer client yang memang cuma CD Rom dan bukan CD writer. Udah gitu gak tau caranya lagi. Nah, ternyata penting juga kan, tutorial macam gini?

OK silahkan klik link di bawah ini

Cara Burning CD /memasukkan file ke dalam CD dengan software Nero

Cara Burning CD /memasukkan file ke dalam CD tanpa  software Nero di windows XP

Ohya, disamping itu saya juga punya tutorial menggunakan Daemon Tool. Daemon Tool adalah software untuk membuat virtual CD (seolah-olah di komputer kita ada CD Rom nya) dan juga membuka file image CD. Apa itu Image CD? Susah ngomongnya, secara harfiah adalah CD-ROM yang dicopy pas persis plek sesuai aslinya dan bukan per file. Jika pas persis plek, maka dia tidak bisa dibaca kecuali dengan pembaca image CD, jika cuma per file, ya mirip windows eksplorer. Untuk bagian ini, dijelaskan susah, tapi prakteknya mudah..hehe..lain kali saya jelaskan yaa. Silahkan download:

Tutorial Menggunakan Daemon Tools

2 thoughts on “Bagaimana Burning CD Pakai atau Tanpa Nero”

  1. kan udah tau caranya la bagaimana dengan progam cpu nya pakainya yang DVD/VCD atau boleh kedua-keduanya

    program CPU yang mana, mas? Boleh aja pakai kedua-duanya, asalkan dia DVD Writer (untuk burning DVD dan VCD) dan atau DVD Combo atau CV Writer (Untuk burning CD)

Leave a Reply

