Merasakan Teh dari Inggris

Ini oleh-oleh teman saya, rekan sejawat di LSM, yang barusan kuliah di Inggris. London. Dia berhasil menguruskan tubuhnya dari yang tadinya gendut sekarang bisa langsing. Nggak tau apakah itu karena barang yang dia bawa ini.

Kemasannya mirip paket narkoba, tapi isinya bikin saya penasaran. Yang hitam sebelah kiri itu, adalah teh Twinings Aromatic yang di kemasannya tertulis impor dari Cina. Baunya khas pedesaan, mirip klerak untuk nyuci batik mbah-mbah kita dulu. Saya kira klerak menjadi parfum yang cocok dengan orang tua dulu dan sekarang kok sepertinya semegrak ada di teh ini. Aromanya oke, tapi masalah kemantapan memang kalah sama teh cap sepeda balap ataupun gerdu yang biasa saya dapat di daerah Solo dan Karanganyar.

Yang tengah, merknya sama, tapi isinya campuran lemon sama akar jahe. Nggak terlalu pedes macam wedang ronde, wedang bajigur ataupun wedang uwuh sama wedang jae. Tapi angetnya itu memang jooos.

Yang terakhir adalah campuran kayu manis sama jeruk. Saat nulis ini saya lagi menikmatinya. Agak kemerahan larutan yang dihasilkannya. Dan memang, rasa jeruk lebih mendominasi.

Dari ketiganya adalah aromanya yang paling menonjol. Sangat classy dan high class. Kurang ajar juga, bagaimana kalau saya ketahgihan? Mana gak tahu harganya berapa. Yang pasti, teh yang saya nikmati ini telah menempuh perjalanan panjang: dari Cina, kemudian diekspor ke Inggris, dan kemudian dibawa teman saya ke Indonesia, dan di meja saya. Besok ujung-ujungnya jadi limbah. heheheh…..

Kalau nurutin nafsu, memang gak ada habisnya. Yang menyebabkan krisis dunia juga nafsu. Konon kata gandhi: dunia ini akan selalu berlebihan untuk orang yang bisa mensyukuri dan berkecukupan. Tetapi, terlalu sesak untuk orang yang serakah.(*)

Leave a Reply

