Kerusakan Alam karena Tambang Pasir di Klaten

Baru kemarin (Kamis, 9 Oktober 2008) dari Klaten, tepatnya dari lokasi penambangan pasir di daerah Butuh, Sidorejo, Pemalang, Klaten. Sebuah desa di lereng gunung merapi yang diperkosa habis-habisan perbukitannya lewat penambangan Pasir. Yang menambang ya swasta ya negara dengan menggunakan alat-alat berat seperti Begu dan truk-truk angkut. wajah saya tidak kelihatan ceria karena memang begitulah mirisnya hati saya. Alam yang tadinya bergunung-gunung dan penuh diliputi oleh tanaman kini harus brocel-brocel karena dikeruk dan diperkosa.


Saya (pakai jaket hitam sleret merah-biru), bawa tas, difoto Mbak Zaki, rekan IDEA lagi jalan-jalan di bekas tambang yang sudah ditinggalkan. Tanah merah menunjukkan batas dimana pasir yang dikeruk sudah tidak ada lagi. Pada wilayah di depan saya adalah tanah yang tidak diijinkan pemiliknya untuk ditambang. Dari lapis-lapis tanah memang menunjukkan sedimen pasir yang kaya. Tetapi bagaimana pemiliknya akan mengolah tanah yang di sebelahnya sudah dikeruk itu?

Penambangan itu legal, pemerintah bahkan ikut menjadi bagian dari penambangan itu. Konon di daerah klaten per tahun dapat laba dari retribusi dan ijin dll di daerah ini cuma kisaran 3/4 M. Sebuah angka yang sangat miskin dibanding bahwa di belakang saya ini, hanya salah satu lokasi, per hari bisa sampai 20 truk hilir mudik menanti begu memuatinya. Padahal di sini ada banyak lokasi ( masih di dokumen). Setelah selesai, ditinggalkan begitu saja.


Jalanan yang rusak karena dilalui truk. Bandingkan keuntungannya dengan yang digunakan untuk pembangunan jalan.

Untuk melihat kondisi bekas tambang versi 3 dimensi klik di sini(untuk menikmati panorama bekas penambangan secara 3 dimensi, komputer anda mesti sudah terinstall Java TM platform standard edition yang bisa anda download gratis di sini,


Memang berapa keuntungannya? Untung ataukah rugi? Siapa yang dirugikan? Tunggu posting berikutnya.

4 thoughts on “Kerusakan Alam karena Tambang Pasir di Klaten”

  1. hy…
    i very like for your information

    bisa gx untuk keuntungan, untung/rugi dan siapa yg di rugikan dikirimkan ke email saya,,
    saya juga sdg butuh bhan itu,,
    tlong ya…
    o ya kira2 apa dampak terhadap lingkungan n masyarakat sekitar??
    mungkin ga sih klo semua itu tidak berdampak negatif tapi malah berdampak positif untuk warga sekitar??
    karna saya kira pasti ada dampak untuk warga sekitar??

  2. to tyeka. maaf banget, untuk analisis cost and benefit kami masih berembug persoalan metodologi. jadi sampai sekarang masih telaah kualitatif dan belum kuantitatif. untuk melakukan analisis sendiri, silahkan cari di situsnya jatam (jaringan tambang) dan silahkan survei sendiri. ths

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s