Isra’ Mi’raj untuk Heaven, Anakku

Untuk saya yang mesti mikir gimana caranya mengajarkan hikmah IM kepada
Heaven (anak saya no 1) yang usianya 2 tahun 8 bulan tentunya gak
gampang. Dan saya yakin dia gak akan mudheng ketika didekte: nak, kamu
harus tahu IM itu adalah peristiwa bla..bla..bla. …Orang Nabi Muhammad saja yang dia tahu ya syahadat aja, belum sejarahnya. Maka saya mikir, gimanaaaa dan kapan suatu saat dia bisa diajari IM.

Ya
udah saya ajak aja dia mesti mengenal benda-benda langit. Ada software
menarik, namanya starry night, sayangnya saya belum boleh terlalu
banyak mengenalkan kompie sama anak-anak usia dibawah 3 tahun. Ya udah
saya ajak aja dia ke Taman Pintar.

Apa itu Taman Pintar? Untuk
anda yang sering ke Shopping Center, pasar buku, sekarang itu pemkot
telah membangun wahana gratis bagi masyarakat jogja yang menyediakan
aneka permainan dengan nuansa pengetahuan yang relatif gratis dan
murah. Ada kumpulan air mancur yang tiap lubangnya memancarkan air
dalam tempo yang berbeda dan anak-anak boleh mandi di situ, ada sepeda
spektrum yang semua warnanya berubah jadi putih ketika dikayuh, ada
simulasi kampung desa dengan kerbau-kerbuan, egrang, lesung dll. Ada
rumah pohon tempat anak-anak memanjat dan bergelantungan di tangga, ada
timbangan, ada parabola berbisik..wah. ..macam-macam deh…

Tetapi khusus untuk IM ini, saya ajak dia ke Gedung Oval, salah satu gedung di wahana Taman Pintar

Ternyata
tidak salah. Heaven begitu senang memasuki gedung oval yang bea
masuknya 3000 rupiah. pada ruangan pertama dia takjub memandangi
ikan-ikan dalam akuarium melingkar membentuk dinding dan atap bagi
pintu masuk ke ruang berikutnya. Saya mesti mengajarkan kepada dia ikan-ikan mulai dari tawes, sapu-sapu, ikan nila, lele, patin, belinda dll.

Ruangan berikutnya (setelah disambut patung dinosaurus) adalah ruang kreatif dimana ada aneka mainan ilmu pengetahuan
dan teka-teki yang bisa dipecahkan oleh pengunjung. saya coba sesuatu,
dan berhasil membuka lilitan kawat logam yang terhubung satu sama lain
berdasarkan pola matematis dalam tempo singkat, dan semua pengunjung
takjub. Hehe…kok sombong…wong pengunjungnya semua anak-anak.
wakakak. di situ Heaven sibuk memandangi 3 pesawat produksi IPTN
(almarahum) mulai dari CN 235 tetuko, N2350 dan satu lagi saya lupa.

Nah,
inilah babak yang saya tunggu-tunggu. Kami naik ke jalan berbentuk
melingkar sampai dengan tingkat dua. Pada saat berjalan ini ada
beberapa poster menunjukkan gambar planet-planet dan matahari. Saya
jelaskan kepadanya mulai dari gambar awal yakni matahari, merkurius,
venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus dan pluto
(almarhum). Saya jelaskan meskipun dia tidak paham bahwa gambar yang
dia lihat adalah penampakan sebagian benda langit yang biasa kami lihat
di malam hari diantara bintang-bintang dan bulan.

Sampai
di atas, mau gak mau, Heaven mengutak-atik beberapa komputer yang ada
di situ. Bagi dia itu sangat menyenangkan. Well, hari itu entah Heaven
sadar atau tidak, saya berjanji bahwa suatu saat saya akan menjelaskan
keterkaitan benda-benda langit dengan IM.

Malam hari, ketika
kami tidur, saya dibangunkan sejenak oleh Heaven yang mengigau. Dalam
igauannya itu dia mengucap berulang-ulang: "Merkurius, Venus, Bumi,
Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto…." Saya diam.sambil
senyum (jangan ditanya bahagia apa enggak). Kemudian Heaven juga
terbangun sambil terus mengulang-ulang nama-nama planet.

Hari itu begitu indah. Terima kasih ya Rasul.Terima kasih anakku.

One thought on “Isra’ Mi’raj untuk Heaven, Anakku”

Leave a Reply

