Cara Bagaimana Memasukkan Video ke Powerpoint

Ini kisah betapa saya harus dibikin pusing oleh si Boss yang meminta saya menyiapkan presentasi. Sesuai permintaan panitia, Boss harus menyajikan presentasi dalam bentuk powerpoint dengan disisipkan didalamnya videoklip singkat liputan dari organisasi. Konon, video tersebut harus ada sebagai bukti peliputan kegiatan sebagaimana pihak pendonor maksudkan. Logika saya mengatakan: BISA. Tetapi bagaimana? Saya yang lancang menyanggupi itu ya hanya mengandalkan logika Mari kita lihat beberapa perbandingan yang bisa dipakai untuk itu.

Pertama yang harus kita ingat adalah: tempatkan dalam satu folder dokumen powerpoint yang kita miliki (misal: presentasiku.ppt) dengan file video yang hendak kita insert-kan. Keduanya yang nanti akan kita burning dalam CD atau masukkan dalam flashdisk. Jadi tidak berujud file powerpoint tunggal.

CARA 1. FILE VIDEO FORMAT AVI

Kelebihan:  tajam, bersih, mudah dilakukan

Kekurangan: file jadi besar banget, tidak semua file AVI bisa di”makan”oleh PPT

CARA 1. Insert Media Player

Kelebihan: lebih bebas memilih file (DAT, MPG, MPEG, avi dll kecuali Mov) sehingga ukuran bisa disesuaikan.

Kelemahan: untuk pemula akan terasa rumit karena banyak klik dan kontrol yang mesti dilakukan.

Bagaimana melakukannya? silahkan klik URL ini, sengaja saya buat untuk anda biar bisa diliat, didownload dan dipraktekkan:

http://www.scribd.com/doc/3776215/Cara-Bagaimana-Memasukkan-Video-ke-Powerpoint

2 thoughts on “Cara Bagaimana Memasukkan Video ke Powerpoint”

  1. thanks buanget ya
    pas gua mau seminar hari rebo ini, jadi mau tes pake vidio untuk powerpoint
    thanks ya

    respon:
    sama-sama, semoga sukses presentasinya….

  2. terima kasih sebelumnya atas infonya. tapi, saya punya masalah ketika selesai mendownload vido dari youtube yang berfile AVI .mengapa ketika saya masukkan ke powerpoint, gambarnya tidak muncul..tetapi hanya suara yang saya dengar……file itu berubah menjadi windows media player yang bergambar wave atau bar.

    tolong bantu saya. bagaimana bisa memunculkan video itu secara utuh untuk tugas persentasi saya.

    terima kasih.

Leave a Reply

