Kamus Indonesia-Inggris Inggris-Indonesia untuk windows dan linux

Assalamualaikum,
Saya masih ingat pertamakali berkenalan dengan kamus komputer adalah dengan Linguist, itu kamus bajakan pertama yang menjadi favorit saya untuk bisa mudheng dengan istilah-istilah inggris dari internet tentang IT dan pendukung skripsi saya, maklum, karena banyak teori sosial yang sudah usang diajarkan di perguruan tinggi sementara di internet perkembangannya begitu cepat. Sementara, kendala bahasa memaksa saya untuk meng-akrab-i kamus.

Konon, Si Ali, teman saya sesama santri PP Budi Mulia akt 7 yang udah nerjemahkan banyak buku juga pakai linguist. Sekarang, di gudang software saya paling kurang ada 5 kamus gratis. ada Dixie (Buatan teman di Batan), ada Stardict, ada Kamus (Buatan mas Ebta), kemudian ada InDict dan beberapa lainnya yang saya lupa persisnya.

TIDAK ADA KAMUS LENGKAP.
Mengapa bisa begitu?  Pertama, tidak semua kamus mencakup semua istilah baik indonesia ataupun inggris. Mulai dari Kata, Frase dll.

Kedua, cakupan terjemahan ataupun makna, jika mengandalkan satu kamus, tidak cukup mampu untuk membuat benang merah imajinasi ataupun deskripsi dari makna yang dimaksudkan dalam kata. (Wah, sori kalo bahasanya malah sok ngilmiah, maklum, ngomongin kamus tu harus dengan EYD). Bahasa dan kata berkembang bersama zaman. So, dengan banyak kamus, kita bisa memperbandingkan terjemahannya. Emang sih, banyak terjemahan bisa jadi makin kabur, tetapi bisa juga malah jadi lebih menjelaskan/menguatkan. Taruhlah pada saat kita menterjemahkan suat naskah, kadang ketemu istilah yang kalo diterjemahkan dengan satu kamus rasanya gak matching. Nah, dengan banyak kamus kan jadi banyak referensi.

Ketiga, kelengkapan software kamus itu sendiri. Ada yang memiliki fasilitas how to spell, pelacakan akar kata, relasi kata dll. Sayangnya di kamus-kamus konvensional Inggris-Indoensia versi manapun gak ada. Menurut saya, kamus yang terbaik yang pernah saya jumpai adalah Sage Dictionary (gratisan juta), mirip Oxford Dictionary yang bukan saja memiliki fasilitas terjemahan, tetapi juga bisa melacak mulai dari: jenis kata, korelasi, contoh penggunaan, frasa terkait, sampai dengan kata lain yang biasa menyertainya. Keempat,adalah fasilitas lainya yang vital seperti: update database, add favorite (kata-kata yang sering kita butuhkan), adding word, dll.

Saya tidak menyarankan menggunakan rekso translator ataupun transtool bikinan Studio One. Pertama, bajakan, kedua, terjemahannya mawut berat.

Kamus Stardict

Tulisan di bawah ini saya bajak dari webnya mas agus waluyo, saya yakin dia ikhlas. hehehe….

Kamus Stardict adalah sebuah kamus multi bahasa terbaik yang saya jumpai. Layaknya sebuah software kamus, disana ada tiga buah panel utama yaitu Search input combo, word list, dan definiton area. Search input adalah tempat kita memasukkan kata yang akan dicari, word list adalah lokasi dimana kata-kata terkait yang kita cari ditampilkan, sedangkan definiton area adalah tempat menampilkan terjemahan kata.


Tampilan Stardict

Kamus stardict merupakan kamus yang pertama kali dirancang di lingkungan Linux, namun kamus ini sudah tersedia di lingkungan Windows. Bahkan untuk lingkungan windows lebih dimajakan lagi karena sudah tersedia versi portable. Anda dapat mengunduhnya dengan mengunjungi http://portableapps.com/. Versi portable adalah versi yang tidak memerlukan proses instalasi. Anda tinggal mengekstrak pada hardisk ataupun flasdisk maka stardict dapat anda gunakan.

Apa sih kelebihan stardict dibanding kamus-kamus lainnya. Kelebihannya adalah tersedianya versi scan, sehingga stardict dapat menterjemahkan semua kata yang kita blok, entah itu di editor, di browser ataupun berbagai program yang terbuka. Bahkan menu-menu program dapat diterjemahkan oleh freeware ini.


Tampilan Stardict

Jika anda pengguna windows maka instalasinya seperti program-program windows lainnya. Tinggal double klik paket EXE kemudian di next samapi selesai.

Namun jika anda pengguna Linux di sana tersedia paket tarball ataupun paket rpm. Karena saya (kadang-kadang) adalah pengguna Linux Mandriva maka saya unduh paket rpm-nya. Tetapi saya sarankan anda mengunduh paket rpm without gnome. Kemudian install dengan mengklik kanan|Open With|Penginstall Perangkat Lunak. atau anda bisa juga menginstall melalui console dengan login sebagi root kemudian ketik rpm -ivh [namaprogram].rpm

Jika installasi anda tidak ada gangguan maka program tersebut sudah terinstall di komputer anda. Sekarang anda tinggal mengetik di console stardict, maka program tersebut sudah dapat anda pergunakan. Bagaimana untuk menyisipkan kamus bahasa indonesianya?

Downloadlah paket instalasi program untuk zencafe, di ftp://slackware.linux.or.id/pub/people/zarathustra/stardict/, karena didalam program tersebut telah di tambahkan database inggris indonesia dan indonesia inggris. Kemudian bukalah paket file yang tersedia dan extraklah semua file yang berada di usr/share/stardict/dic/ ke dalam folder /usr/share/stardict/dic/

File tersebut adalah :
– quick_english-indonesian.dict.dz
– quick_english-indonesian.idx
– quick_english-indonesian.ifo
– quick_indonesian-english.dict.dz
– quick_indonesian-english.idx
– quick_indonesian-english.ifo

Buatlah folder dic dalam /usr/share/stardict/, dan loginlah sebagi root untuk menambahkan database tersebut. Namun bila anda menggunakan versi protable stardict di Windows, database kamus inggris indonesia dan indonesia ingrris tersebut dapat anda sisipkan di StardictPortable/Apps/StarDict/dic

Dengan menambahkan program StarDict maka komputer dengan sistem operasi
Windows ataupun Linux anda telah dilengkapi kamus Enggris dan Indonesia yang powerfull.

Namun sampai saat ini saya belum bisa bagaimana cara menambahkan database enggris indonesia ataupun indonesia inggris. Adakah yang bisa membatu?

Stardict
Situs http://stardict.sourforge.com/
Ukuran +/- 1 Mb

Oke….itu dulu,
Feriawan Agung N.

One thought on “Kamus Indonesia-Inggris Inggris-Indonesia untuk windows dan linux”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s