Download Software Kamus Tembung Jawa (Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil) v.1

Download Software Kamus Tembung Jawa Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil v.1 karya Feriawan Agung Nugroho. Sebuah Software Kamus yang berisi pemilahan kata dan istilah bahasa Jawa sesuai dengan adab dan kesopanan masyarakat Jawa. Dibuat dengan lisensi freeware dan free software.

Bismillahirrahmanirrahim,

Kamus Tembung Jawa Ngoko-Krama Madya-Krama Alus ini dibuat untuk memudahkan siapa saja yang berniat berbahasa jawa sesuai dengan adat dan sopan santun yang berlaku. Sebagai sebuah software komputer, kamus ini juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mencari kata dalam bahasa ngoko untuk kemudian dapat diterjemahkan secara cepat.

Kelebihan dari kamus ini adalah: simpel, mudah digunakan oleh siapa saja, ukuran file yang kecil dan tidak membebani memori serta harddisk, bisa digunakan oleh komputer dengan spesifikasi lawas ataupun rendah (komputer tua), kontennya bisa diedit dan ditambah sesuai dengan keinginan penggunanya, tidak ada proteksi database.

Selain itu, kamus ini menang sengaja digratiskan (sebagai free software) oleh saya selaku pembuat dengan tujuan untuk mewujudkan kecintaan dari saya kepada budaya daerah sendiri yang konon mulai luntur dan pudar. Saya akui sendiri bahwa saya adalah bagian dari anak-anak muda yang sudah kehilangan Jawanya (kelangan jawane). Sebelum terlanjur punah ataupun dirampok mentah-mentah oleh bangsa lain, maka sudah selayaknya bagi pembuat aplikasi ini untuk berbuat yang terbaik bagi negeri sendiri, khususnya bagi pelestarian budaya Jawa.

Gagasan untuk meramu Kamus Tembung Jawa sesungguhnya berawal dari nasihat Ayahnya penulis yang tinggal di Semarang, namanya Bapak Sunartyono, seorang yang sederhana dan sangat idealis (kalau bisa malah dikatakan nasionalis) yang kerap kali berpesan agar saya turut andil dalam pelestarian budaya jawa. Ayahnda adalah salah seorang yang berdedikasi, bekerja sebagai panatacara lan pamedhar sabda (MC Basa Jawa) yang juga salah seorang yang mendirikan kelompok pecinta kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa yang bernama Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani).

Penyusun menyadari, selain bahwa mewujudkan amanah orang tua adalah bagian dari cara meraih surga Illahi, penyusun berpikir: “kayaknya pesan dari Ayahnda ini tidak main-main deh”. Ada sesuatu yang memalukan ketika penyusun mendapati bahwa orang-orang yang melestarikan budaya jawa justru sebagian besar adalah bangsa-bangsa asing yang sangat kagum terhadap kebudayaan kita sendiri. Mereka rela datang dari jauh-jauh hanya untuk sekedar mempelajari wayang, mempelajari gendhing, mempelajari sastra, kitab Centhini, Babad Jawa dan mengumpulkan beberapa artefak-artefak penting. Sungguh suatu bangsa yang memalukan ketika sebagian besar kekayaan peninggalan budayanya justru lebih dihargai tinggi oleh orang lain ketimbang dihargai oleh kita sebagai pewaris sah atas kekayaan budaya negeri sendiri.

Bukannya tidak ada anak muda yang merasa tertantang untuk mau melestarikan budaya sendiri. Tetapi penulis merasakan bahwa transfer kebudayaan antara generasi tua dan generasi muda sepertinya tidak mulus. Orang-orang tua begitu cuek melihat bahwa anak-anak mudanya lebih didekte oleh budaya Jakartanan ala sinetron kelas kampret dengan cerita model kutu kupret yang memperbodoh logika, mengakali nalar sehat, mengumbar kekerasan, syahwat, gaya hidup gedongan dan konsumerisme, serta kehidupan bak negeri dongeng yang terus meninabobokkan anak muda. Pemerintah…kadangkala saya juga sangsi terhadap kepedulian pemerintah untuk melestarikan kebudayaan. Alasannya adalah anggaran yang tak cukup lah, tidak marketabel lah, logika proyek lah, dan ..pokoknya nggak perduli lah.

Sekedar rasanan, penyusun tinggal di Jogja. Kalau dulu Jogja ini kaya dengan kelompok-kelompok kesenian macam kethoprak, ruang-ruang budaya, pagelaran-pagelaran, sekarang mungkin lebih menonjol geliat ekonomi model mall dan hiburan gaya kapitalis.Universitas yang bertugas menjadi gerbang terakhir kepedulian terhadap budaya, malah larut dalam alam kapitalisme dengan memahalkan biaya pendidikan sehingga cuma orang kaya yang sekolah, tidak perduli apakah si mahasiswa tersebut punya idealisme ataukah numpang beli gelar.

Lalu bagaimanakah ruang-ruang untuk anak muda yang gerah dan kritis terhadap kebudayaan, khususnya kebudayaan Jawa ini bisa berpartisipasi kalau kondisinya sudah demikian? Secara tidak sadar penulis merasa bersyukur atas “kentut” dari negeri Jiran yang memanggil kembali nasionalisme dan kepedulian terhadap kebudayaan kita. Hanya saja, takutnya adalah gagasan itu cuma anget-anget tai ayam. Biasa, lah. Masyarakat kita adalah masyarakat yang (katanya) mudah melupakan sejarah, pemaaf, pandai membuat kerumunan, senang menggebuk, tetapi nggak pandai membangun, membuat shof atau barisan, nggak pandai berorganisasi dan terancam berorientasi uang an sich.

Nah, semoga dengan perwujudan gagasan yang kecil ini bisa sedikit banyak memacu anda-anda semua untuk ikut-ikutan melestarikan budaya kita sendiri.

MENGAPA GRATIS/FREEWARE

Sebenarnya sih ..pengennya ..nggak gratis. Jujur saja, demi membuat kamus ini saya yang nol besar dalam bahasa pemrograman menyelakan ataupun mengurangi sedikit waktu tidur demi mempelajari bahasa pemrograman sampai kemudian bisa menghasilkan software ini. Semua dilakukan sendiri, karena toh tadinya pengennya ada temen-temen yang menolong, tetapi akibat satu dan lain hal malah nggak ada yang menolong. Boro-boro menolong, ngajari bahasa pemrograman aja pada ogah-ogahan….Ya sudah..sinau dewe saja.

Kadang mikir juga, jangan-jangan yang pakai cuma orang kaya yang nggak perduli kerja keras orang lain. Jangan-jangan dimanfaatkan pihak ketiga untuk kepentingannya sendiri. Jangan-jangan model manusia indonesia yang doyan barang gratisan mau cari enaknya sendiri. Tetapi kemudian penulis ditempeleng oleh Allah lewat petunjuknya. Seseorang yang menjadi guru penulis menasihatkan:

“Sungguh ironi jika kamu (saya dalam hal ini) melakukan suatu perbuatan baik tetapi sangat bergantung kepada orang lain yang menerima kebaikan kita. Lihatlah Allah, lihatlah Nabi SAW. Apakah mereka pilih-pilih dalam memberikan sesuatu? Memangnya berapa royalti yang mereka terima dari kitab yang mereka susun bersama? Berapa nilai yang diterima oleh para pahlawan yang merelakan jiwa, raga, dan semua yang mereka miliki bahkan sampai gugur menjadi syuhada demi kemerdekaan Indonesia? Mungkin ketika mereka dibangkitkan sekarang, mereka akan menangis melihat hasil perjuangan mereka hanya dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat. Malah ada yang dijual, dikorupsi, diproyekkan dlsb. Tetapi itu tidak membuat nilai mereka yang gugur sebagai pahlawan menjadi turun. Pahlawan tetaplah pahlawan.Syuhada tetaplah syuhada.Nabi tetaplah Nabi.”

“Mengapa?Karena mereka menemukan peran mereka dalam kehidupan. Dan mereka menjalankan peran mereka sebaik-baiknya. Nah, jika kamu menemukan peran dalam kehidupan ini, apalagi itu merupakan panggilan jiwamu, maka jalankan peran itu sebaik-baiknya. Semuanya nanti akan kamu pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Allah tiada buta atas semua hal yang dilakukan manusia. Pasti ada rejeki padamu.”

Hehe..jadi malu.

Lagian nilai jual apa sih yang ada pada software ini, yang dijual atas dasar pelestarian sesuatu yang beranjak punah? Bukan! Bukan nilai jual tentunya! Tetapi nilai yang dibangun atas dasar kecintaan terhadap tanah air, itu yang nantinya hanya dihargai oleh mereka yang tahu.

Sebarluaskanlah..pasang di blog, facebook, friendster, forum atau apapun yang memungkinkan banyak orang untuk mengaksesnya.

Maka saya tidak terlalu khawatir tentang apapun tentang software ini. Bagi saya, Allah Maha Menghitung rejeki sehingga tidak pernah salah Dia membayar tunai terhadap setiap perbuatan umatnya. Jika nantinya software ini populer dengan banyak versi, ataupun ada pihak yang mengubahnya menjadi lebih baik sehingga yang bersangkutan (penggubah tersebut) populer, pastilah orang akan tetap cari versi original untuk diperbandingkan. Saya tidak khawatir. Justru malah bersyukur jika software ini ini menjadi software populer yang kemudian menjadi ladang amal jariyah insya Allah mengalir kepada kita semua. Allah SWT tidak mungkin dan tidak pernah salah. Gampangnya, jika memang anda tidak mampu atau terpanggil untuk membayarnya, tetap sah Anda manfaatkan dengan akadnya adalah Shodaqoh (entah fisik, fikir maupun jariyah) kepada Anda. Anda cukup menukarnya dengan doa agar kami sekeluarga bisa terus berkarya dan berbuat yang terbaik bagi Indonesia.

Andaikata Anda merasa terpanggil untuk mensupport usaha saya, tentu saja saya tidak menolak. Donasi, silahkan kirim ke rekening: Bank Mandiri cabang MM UGM No. 137-00-0628060-2 a.n. FERIAWAN AGUNG NUGROHO. Atau yang terpenting, saya mohon doanya agar kami sekeluarga bisa tetap berkarya, sehat dan sejahtera dalam lindungan Allah SWT.

Tanpa berniat mengkomersialisasikan, kami juga meminta kepada Anda untuk memberikan jalan kiranya ada pihak-pihak yang bisa memberi donasi atas usaha kami ini. Semoga Allah memberi petunjuk kepada kita.

Semoga Allah memberikan balasan yang sesuai atas apa yang Anda lakukan.

Maka saya tidak terlalu khawatir tentang apapun tentang software ini. Bagi saya, Allah Maha Menghitung rejeki sehingga tidak pernah salah Dia membayar tunai terhadap setiap perbuatan umatnya. Jika nantinya software ini populer dengan banyak versi, ataupun ada pihak yang mengubahnya menjadi lebih baik sehingga yang bersangkutan (penggubah tersebut) populer, pastilah orang akan tetap cari versi original untuk diperbandingkan. Saya tidak khawatir. Justru malah bersyukur jika software ini ini menjadi software populer yang kemudian menjadi ladang amal jariyah insya Allah mengalir kepada kita semua. Allah SWT tidak mungkin dan tidak pernah salah. Gampangnya, jika memang anda tidak mampu atau terpanggil untuk membayarnya, tetap sah Anda manfaatkan dengan akadnya adalah Shodaqoh (entah fisik, fikir maupun jariyah) kepada Anda. Anda cukup menukarnya dengan doa agar kami sekeluarga bisa terus berkarya dan berbuat yang terbaik bagi Indonesia.

Andaikata Anda merasa terpanggil untuk mensupport usaha saya, tentu saja saya tidak menolak. Donasi, silahkan kirim ke rekening: Bank Mandiri cabang MM UGM No. 137-00-0628060-2 a.n. FERIAWAN AGUNG NUGROHO. Atau yang terpenting, saya mohon doanya agar kami sekeluarga bisa tetap berkarya, sehat dan sejahtera dalam lindungan Allah SWT.

Tanpa berniat mengkomersialisasikan, kami juga meminta kepada Anda untuk memberikan jalan kiranya ada pihak-pihak yang bisa memberi donasi atas usaha kami ini. Semoga Allah memberi petunjuk kepada kita.

Semoga Allah memberikan balasan yang sesuai atas apa yang Anda lakukan.

Cara Instalasi Software:

1. Setelah didownload. Ekstraklah program di sembarang folder di komputer anda. Akan ada 3 file terpisah:kAMUS JAWA.Cab, Setup.LST dan Setup.exe

2. Klik Setup.exe sebagaimana ditunjukkan oleh gambar di bawan ini:

Klik dua kali di bagian setup.exe

4. Lalu muncullah penampakan instalasi dengan gambar biru di layar dan kemudian muncul opsi seperti ini:

tugas anda adalah mengklik yang ditandai merah. Itulan icon install (gambar kompute dan kardus).

5.Setelah itu akan muncul permintaan yang kurang lebih artinya: “mau diinstal di folder mana?” sebagaimana dilihat di bawah ini:

Tugas anda adalah klik bagian continue (yang dilingkari merah)

6. Biasanya sih langsung kelar sampai akhir dan sukses. Tetapi jika suatu saat anda mendapati seperti ini:

Maka janganlah anda gundah gulana ataupun khawatir. Cukup klik ignore dan percayalah tidak ada apa-apa yang perlu dirisaukan. Di sini disebutkan bahwa instalasi software yang dibawa kamus ini nyata-nyata sudah ditemukan di komputer anda dan sedang digunakan, sehingga gak perlu ditambah instalasinya.

7. Setelah itu barangkali akan muncul sesudahnya seperti ini:

Lakukan klik YES.

8. Setelah itu anda cukup melakukan klik IGNORE pada beberapa kejadian serupa sampai kemudian instalasi selesai. Jika sukses, di komputer anda sudah terinstall software ini:

Nah selanjutnya pelajari di help file untuk menjalankan program ini:

DOWNLOAD

1. download via box.net silahkan klik di sini

2. download via server ugm silahkan klik di sini

3. download via kewlshare silahkan klik di sini

.

BEBERAPA KESULITAN INSTALASI KAMUS TEMBUNG JAWA

(Update tulisan tanggal 11 Desember 2009)

Saya menerima masukan keluhan bahwa ada proses kegagalan instalasi software ini untuk beberapa update komponen windows. Akibatnya muncul jendela seperti ini:

Sekali lagi, tidak perlu panik dan gusar. Maklum, sebagai software yang dihasilkan oleh orang pemula ya kadang banyak cacatnya, Mas, Mbak, Bu, Pak, Yu, Kang, Dhi dll….Hehe.. Tetapi saya yakin segalanya bisa dipelajari dan diselesaikan. Marilah kita cari solusinya sama-sama, Pertama, Ekstraklah isi dari file KamusTembungJawa.zip dan bukalah isinya. Lihat gambar ini:

Sebagaimana hal di atas, lakukan ekstraksi pada file kamusjawa.CAB. Entah anda pakai winzip, pakai winrar, 7zip, winace dll, pokoknya ekstraksi. kliatannya bisa. Nah kemudian setelah itu lihatlah isi file di dalamnya:

Nah, di dalamnya anda akan ketemu icon bergambar bendera indonesia dengan lambang burung garuda. Biasanya sih, kalau udah gitu ketika di-klik icon tersebut anda sudah mendapati software ini berjalan dengan baik seperti ini:

Nah, kalau sudah begitu, jika ingin membuat icon di desktop windows anda, lakukan aja langkah ini:

1. Klik kanan icon kamusjawa.exe yang gambar burung dan bendera itu

2. Pilih opsi send to > desktop (shortcut)

3. Nah, sekarang lihat desktop anda dan software ini siap digunakan.

Kurang jelas, liat gambar di bawah ini:

OK silahkan menikmati. Semoga tetap jaya Indonesia.

Gitu aja dulu, jangan sungkan-sungkan memberi masukan jika masih bingung, karena ini kerja kita sama-sama untuk memajukan bahasa dan budaya jawa. Oke?

Salam..

Feriawan..

About these ads

46 thoughts on “Download Software Kamus Tembung Jawa (Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil) v.1”

  1. wah…sip banget niat mas..
    semoga mas sekeluarga dilimpahi rahmat, hidayah, nikmat, dan ridho dari Allah SWT..
    Amiiin..

    oya mas, dulu sekolah d sma mana??

    Respon: Terima kasih doanya, hehe..pertanyaanya kok rada aneh: SMA di mana. Kok bukan perguruan tingginya? Baiklah, saya dulu sekolah di SMA Katolik Sedes Sapientiae Semarang.

  2. trimakasih software2 e amat sangat berguna buat saya untuk memperkaya media pembelajaran,

    trs berinovasi untk Indonesia Sejahtera

    Respon: Sama-sama Mas Guru. Semoga pula mengilhami yang lain…

  3. wah salut mas buat sampeyan…ada tindakan nyata dalam melestarikan budaya khususnya DJAWA yang sangat bermanfaat bagi orang lain…. mohon ijin donlot ya mas..makasih udah diberi kemudahan dalam mempelajari budaya djawa.
    Matur nuwun… salam saking Magelang

    Respon: Salam juga dari jogja dan borobudur. Sami-sami, Mas

  4. yang mana se link buat donlod???????????

    respon: yang ada tulisannya download, mas..bisa membaca bahasa Indonesia, kan?

  5. Saya sangat bereterimakasih mas… dengan adanya software ini selain melestarikan bhs jawa yg termasuk salah satu budaya kita,anak saya belajarpun lebih giat dan mengerti dengan cepat….,semoga Allah membalas semua kebaikan mas…
    Dan semoga sukses terus apa yang dicita2kan…

    Respon: amiiin, Pak Agus begitulah tujuan software ini dibuat, demi memudahkan siapapun yang masih memiliki kecintaan terhadap bahasa lokal. Semoga Allah mengabulkan dan memberikan Rahmat dan Karunianya kepada kita semua..

  6. nDherek ngunduh Mas…
    maturnuwun sanget, mugi panjenengan tansah pinaringan rezeki ingkang katah lan barokah saking Gusti ingkang maha kuwaos… Amin.

    Respon: monggo, mas. matur nuwun donganipun. Dawah sami-sami…Amiin..

  7. mana tow link bwt downloadnya???

    respon: lha mbok ya baca di atas tho mbaaak..mbak… Dibaca pelan-pelan…maunya kok langsung klimaks tho.

  8. mas caranya download nya gmn?

    respon: di atas kan ada tulisan download..nah cari aja. kalo sudah ketemu linknya tinggal di klik aja.ntar petunjuk selanjutnya silahkan diikuti..beres…kalau orang lain di sini bisa download, tentunya anda bisa ..ok :)

  9. Kulo maturaken suwun selaksaewu mas Fery.
    Panjenengan sampun ngawedar GRATIS software2 kamus basa jawa.
    Semoga TUHAN Yang maha kuasa membalas segala kebaikan Mas Fery dan melimpahkan rizki dan keselamatan bagi Mas Fery dan keluarga.
    AMIN

    respon: dawah sami-sami, Mas Segoro. Semoga Allah mengabulkan doa anda…semoga pula anda diberikan Allah hal yang sama…

  10. matur suwun mas… ikut donlot ya…saya bukan orang jawa tapi kagum dan respect dengan budaya jawa yang agung. kebetulan istri orang jawa juga.

    respon: sami-sami mas adi, hehe…salam buat istrinya..semoga selalu mesra dengan mencintai istri sekaligus kebudayaan yang menjadi latar belakangnya.

  11. sungguh petuah yang luar biasa, baru sekarang saya menemukan argumen yang sangat rasional mengapa semuanya (harus) tidak dimaterikan, thank bos!
    aku minta sofwarenya ya!

    Re: semua adalah bagian dari ajaran budaya kita yang mengutamakan kegotongroyongan dan kekeluargaan. Monggo silahkan diambil dan disebarluaskan,.

  12. trims berat aku jg fans berat ma budaya jawa…… rasa setia ini ternyata hanya dalam nama sekarang biar tak wujudkan dengan memperdalam bahasa ………….. maklum mas hidup di kota jadi lupa budaya ………….

    Respon: kembali kasih. Kejujuran memang pahit, mbak. Tetapi jelas sangat dihargai. Yups, sekedar berbagi saja. Bagaikan karang yang kuat, kita harus selalu hidup berpijak pada akar peninggalan leluhur kita yang sudah begitu kokoh, sekalipun kita dibebaskan untuk mencari cerahnya mentari. Tetapi jika kita memilih untuk lepas dari peninggalan leluhur, bersiaplah untuk terombang ambing oleh ombak.

  13. mas fery, matur suwun kamus tembung jawanya
    kalo boleh tanya… isinya memang sedikit ya?
    (cuma 631 kata)

    Respon: Sami-sami. hehe..jika isinya cuma 631 itu namanya contekan alias kepek-an anak SD..hehehe…. :)) kamus saya ini total 8719 kata.

  14. Alhamdulillah dg adanya software ini, qt gnerasi muda bisa lbih melestarikan bahasa jawa sbgai bahsa daerah…
    sy jg kagum dg keikhlasan sang penyusun smoga bsa dicatat sbgai amal baik…^_^

  15. mas, mau tnya…
    sy dah download n tinggal nginstal, sy dah nmukan yg gmbrnya garuda tpi stelah sy klik malah muncul pringatan

    Run-time error ‘-2147467259 (80004005)’ :
    Could not find file ‘C:\DOCUME~1\ADMINI~1\LOCALS~1\Temp7zOA.tmp\Kamus.mdb’
    ini bgaimna solusinya….?????

  16. assalamualaikum wr wb mas, bapak mau bantu mengedit serta menambah kosakata jawa yng belum ada, supaya software nya tambah komplit dan benar sesuai kaidah bahasa jawa. tetapi masalahnya bapak tidak bisa stand by di komput untuk mengedit, bapak inginnya database nya bisa di print dan di edit manual sama bapak, nah saya minta tolong, bagaimana cara me load database nya biar bisa di print (export to txt or words). makasih mas.. wassalamualaikum wr wb

  17. mas,matur sembah nuwun sanget nggih..
    aplikasinya sangat membantu sekali..
    kulo tumut donlod nggih mas…heheheee
    sukses selalu yoo masss…GANBATE!!!

  18. Wah matur suwun mas.. meh nyoba download.. Jane ku wis gawe tahun 2006 :D tapi dasare wong malesan nulis mung entuk 700an kata..kui wae boso ngoko xi3… tak nyoba download lan ijin gunakne database e.. ketone gawene ko VB kie :D

    monggo sajaaaaa…silahkan mau digunakan databasenya sekenanya…bebas dunia akhirat.

  19. mas,gmna ci… cra dwnlud softwarenya, dri tdi bolak-balik trs…..
    mohon penjelasannya !!!!!

    respon: coba download yang box net. kelemahannya situs ini kadang down karena miskin bandwidth..moga diberi kesabaran…

  20. Maaf untuk download software diatas kok ngak bisa ya?mohon bantuannya?thx

    respon: coba download yang box net. kelemahannya situs ini kadang down karena miskin bandwidth..moga diberi kesabaran…

  21. Nderek ngunduh . . . , saya perlu database-nya guna melengkapi yang sudah ada
    (kula ugi sinau/otodidak damel software), matur nuwun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s