Membagi Bandwidth Komputer under Windows dengan Antamedia Bandwidth Manager (lengkap dengan tutorialnya)

Ini kisah buah dari konflik persoalan bagi-bagi jatah bandwidth di kantor dan di warnet. Sayangnya, boss butuh cepet sementara saya perlu waktu untuk sinau mikrotik linux. Yah, searching ke mbah Google dan ketemu solusi paling gampang (sayangnya versi trial). Lumayan buat sementara sebelum masang konstruksi jaringan mikrotik.

Antamedia Bandwith (under windows) manager begitu mudah dipakai, nggak seperti Bandwidth limiter atau Net Controller yang seringkali error pada persoalan port. Begitu dipasang ke server, maka dia langsung bisa mendeteksi komputer yang terkoneksi ke server.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mendatabase komputer-komputer itu ke dalam daftar account untuk dijatah berapa kuota bandwidth untuk download dan upload. Untuk komputer asing atau baru (misal laptop dll) ataupun yang belum terdata dalam daftar account akan bisa terotomatisasi dapat jatah bandwidth sesuai default login yang sudah disetting. User friendly dan mudah dalam pemantauan lalu lintas data. tidak perlu install software ke client.

Tertarik? baca selengkapnya di tutorial saya di sini:

http://www.scribd.com/doc/7852169/Antamedia-Bandwidth-Manager

Untuk download, klik di :

http:www.antamedia.com

Dengan Segala Hormat, dimohon untuk mengunjungi situs ANTAMEDIA di atas dan liat bagian http://www.antamedia.com/kbase/knowledge-bm.htm Beberapa pertanyaan yang masuk sampai dengan sekarang, 28 Mei 2009, sesungguhnya sudah terjawab di sana. Jika ada kendala bahasa, anda bisa memakai Google terjemah. Saya tidak terlalu telaten untuk bisa menerima ataupun menanggapi hal-hal yang bersifat konsultasi. Harap maklum. Terima kasih.

16 thoughts on “Membagi Bandwidth Komputer under Windows dengan Antamedia Bandwidth Manager (lengkap dengan tutorialnya)”

  1. Mas, aq dah download, tapi kok nggak bisa digunakan ya? malahan ada pesannya: please choose interface and start Bandwidth Manager in setup-network page ! Tolong kasih tau solusinya? terima kasih

  2. mas syarat peralatan untuk pake software ini apa aja ya….apa harus menggunakan 2 nic seperti mikrotik…masalahnya sewaktu saya launch software nya tidak ada yg terdeteksi di menu connnections nya….

  3. mas, komputer client koq gak ada yang terdeteksi ya, padahal saya sudah bikin account pake IP address client2 saya. apa di komputer client juga harus diinstal?

  4. @masih bingung, ya betul pake 2 NIC/ Ethernet. Satu untuk input modem dan lainnya kan untuk jaringan ke client.

    @Julian cek bagian setup di antamedia, semuanya akan terotomatisasi terdeteksi di antamedia.Client gak perlu diinstall.

  5. bang gimana setting buat antamedia hotspot, klu ada yang tahu tlng donk

    respon: wah..saya belum pernah praktek.maaf

  6. ip client sudah terhubung dengan server antamedia. tetapi tampilan download dan upload rate-nya tetap 0.00, apa betul BM(bandwidth manager)-nya sudah membatasi bandwidth?

    respon: sudah pasti belum. coba cek setingannya terutama pada kuota, timing dll

  7. mas, ada gak tutorial antamedia hotspot yang berbahasa indonesia… maksudnya software billing hotspot yang berbasis windows.. maksih sebelumnya

    respon: gak ada mas. belum pernah praktek

  8. aku udah pake antamedia bandwitdh manager untuk warnetku dan menggunakan billing explorer untuk program billingnya, hari pertama lancar, besoknya kok di client ga bisa terhubung keserver ya? (Personal/Member di client ga aktif atau ga bs di klik) knp begitu ya.
    aduh bingung nih

    Waduh, maaf bgt saya belum bisa bantu. Krn kalo persoalan yang sifatnya teknis mana bisa saya ketahui, mas, jika gak langsung ke sana? Mengapa teknis, karena mas cerita hari pertama bisa dan hari selanjutnya entah kenapa ga tau. Mungkin di cek atau di restore sebagaimana di hari pertama, mas.

  9. mas kalau kedua lan card di brigde gak masalah ta ??? supaya cuma ada 1 ip di pc yg terinstal di antamedia???

    respon: kayaknya gak bisa, lho, mas. Logikanya gini: LAN 1 sebagai source/sumber koneksi internet dan LAN 2 sebagai penyalur/pembatas koneksi ke Client. Lha kalo di-bridge kan berarti cuman ada satu saluran. Gak jalan tuh software..

  10. Mas, numpang nanya. Saya uda coba install, tapi client list nya gak muncul. Saya mau tanya, di sini saya pake modem konek ke router dan dari router cabang ke 4 komputer berbeda (sebut saja A,B,C,D). Saya pemakai komputer C. Yang saya mau tanyakan apakah software ini bisa diinstall di komputer C dan mendapatkan list client, yaitu A,B,D ?

    respon: sudah saya jawab ol yaa…intinya anda harus menjadi kan salah satu compu itu server. sangat tidak logis jika sama-sama client dari satu modem kok bisa main ngatur pembatasan bandwidth, kecuali ngutak-atik router modemnya,ok?

  11. Thx, informasi yang sangat berguna…ntar mau dicoba ah.. gak ada kompi lagi soalnya buat pake linux, udah coba pake allegrosurf fungsinya sih lebih lengkap tapi gak stabil alias sering hang kalo sudah diatas 5 jam dengan spek kompi yang cukup.

    respon: coba aja, mas..setahu saya antamedia stabil.

  12. mas saya udah makek ABM tp yg saya permasalahkan saya kan pekek speedy yang 1MB.trus mau saya bagi ke 4 client.tu cara membagi bandwidthx bgmn ya?saya harus ngaisi berapa di download ma uploadnya?saya mohon bantuannya mz.cz saya bingung buat ngatur bandwidth ya.

  13. Om Terorist, mohon pencerahannya sedikit aja klo banyk jg gpp gene om sy dah instal ABM nya trs yg sy pengen taw, oh ya sblmnya sy menggunakan 2 NIC nah yg sy masih bingung ethernet 1 (public) settingan ip brp? dan utk ethrnet yg ke 2 (Local) jg brp? mohon kasi contoh ya. misalkan contoh IP adressnya sbgai berikut ini utk acuan contoh nanti. IP addres . 192.168.33.10, subnet. 255.255.255.0, Def Getway. 192.168.33.1, DNS1. 192.168.33.1, DNS2. 10.9.0.9. ty sblmnya om terorist

Leave a Reply

